Bahasa Elf: Pengantar Elvish Untuk Pemula

Saya menyukai bahasa. Saya menyukai bagian-bagian dari bahasa seperti kata, tata kalimat, arti, bunyi, pengucapan, asal mula dan lainnya.

Saya tidak memungkiri bahwa diantara bahasa-bahasa yang ada di dunia ini, bahasa Cilincing adalah bahasa yang paling saya kuasai. Sebab itu adalah bahasa ibu saya. Saya lahir, tumbuh dan besar dengan bahasa tersebut.

Diantara bahasa-bahasa yang saya sukai selain bahasa Cilincing, adalah bahasa HTML dan bahasa Elf.

Sudah banyak orang Indonesia membahas bahasa HTML. Cari saja di mesin pencari Google. Pada saat tulisan ini diluncurkan, anda akan menemukan kira-kira 24,5 juta tulisan dalam Bahasa Indonesia mengenai bahasa HTML. Sementara, yang membicarakan bahasa Elf (lebih lanjutnya, disebut Elvish) dalam Bahasa indonesia kira-kira sekitar 75 ribu.

Maka, ijinkanlah saat ini saya berbagi bahasa Elf dengan anda.
(*ini akibat lamanya menunggu konfirmasi tulisan-tulisan seri 7 Keajaiban Cilincing – 7KC, hehe*)

  • Pertama-tama, saya akan bercerita sedikit soal Elf.

    Pada kisah-kisah legenda yang ditulis oleh pengarang J. R. R. Tolkien, Elf diceritakan sebagai ras yang lebih dahulu ada daripada manusia dan lebih unggul dibanding dengan manusia. Elf, bersama-sama dengan manusia dan Dwarf, merupakan penghuni dunia fiksi yang bernama Dunia Tengah. Detil lebih jauh mengenai mereka diberikan dalam tulisan-tulisan Tolkien lainnya yang dikumpulkan menjadi Unfinished Tales (Kisah yang Belum Selesai) dan The Histroy of Middle-earth (Sejarah Dunia Tengah). Buku-buku ini merupakan karya utama Tolkien yang ia kerjakan hingga akhir hayatnya. (*sumber: wikipedia*)

    Elf adalah makhluk abadi. Ia tidak akan tua atau jatuh sakit. Elf tertua berumur empat setengah milyar tahun. Ia hanya bisa meninggal apabila dihinggapi sedih yang luar biasa atau terkena senjata yang sudah dirasuki sihir yang amat sadis dan kuat.

    Iya, benar. Elf adalah tokoh fiksi.

    Bentuknya hampir mirip seperti manusia, namun memiliki berbagai kelebihan sehingga kelihatan seperti manusia super. Walaupun sebenarnya beberapa orang yakin bahwa di dunia ini bisa ada makhluk super kuat, super pintar, super cantik, super cerdas dan super-super lainnya yang melebihi kekuatan manusia. (Mungkin diantaranya yaa secara fiksi oleh Pak John Ronald Reuel Tolkien yang menulis legenda yang akhirnya menjadi film layar lebar dan terpilih sebagai film-film terbaik di Internet Movie Database serta orang Jerman bernama Friedrich Wilhelm Nietzsche, yang menganggap bahwa memang seharusnya di muka bumi ada manusia yang lebih daripada manusia lainnya)

  • Kedua, saya akan mengutip sedikit mengenai bahasa.

    Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:

    1. sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan
    2. peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
    3. kesatuan sistem makna
    4. kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna
    5. ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh :- Perkataan, kalimat, dan lain lain)
    6. sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik

    Kutipan lebih banyak dapat anda dapati di wikipedia mengenai bahasa

Selamat menikmati tulisan pengantar bahasa Elf yang rencananya akan saya bacakan untuk bayi saya nanti sebagai dongeng sebelum tidur :)

-0-

Bahasa Elf: Pengantar Elvish Untuk Pemula

Elvish adalah bahasa yang dipakai para Elf untuk berkomunikasi. Bahasa ini dikembangkan oleh seorang penulis buku bernama J. R. R. Tolkien menciptakan banyak bahasa dalam tulisan-tulisan yang diciptakannya. Diantaranya adalah bahasa Elf (Elvish) serta percabangannya. Tolkien sendiri adalah ahli bahasa kuna. Sebelum pensiun ia bekerja sebagai seorang profesor bahasa Anglo-Saxon di universitas terkemuka Inggris, Oxford.

Latar belakang Elvish sebagai bahasa para Elf adalah bahasa yang disebut “Qenya”. Bentuk primitif dari Elvish. Qenya kemudian berkembang menjadi Quenya (Elvish Halus), bahasa yang lebih modern, dinamis, stabil dan lebih tinggi letaknya (karena digunakan oleh para Elf yang mengenyam bangku pendidikan).

Selain Quenya, ada dua bahasa besar kaum Elf lainnya. Sindarin dan Elvish Abu-abu. Pola bunyi, kosakata dan tata kalimat Quenya dan Sindarin amat dipengaruhi oleh bahasa Finlandia (Suomi), sebuah negara di Skandinavia dan bahasa Welsh (y Gymraeg), sebuah bahasa yang digunakan dan mempengaruhi di beberapa negara sebagai berikut: Wales, England, Argentina (Chubut), Amerika Serikat, Canada, Australia dan New Zealand.

Selain dua bahasa besar ini, ada pula beberapa bahasa Elf lainnya. Membuat Elvish sedemikian beragam dan lebih kaya, antara lain:

  • Eragon: Bahasa yang lebih tua yang digunakan para Elf adalah Eragon. Bahasa ini sudah tidak jamak digunakan oleh para Elf lagi. Ia sering digunakan oleh para ahli penunggang kuda dan para ahli magis untuk merapal mantra. Eragon pada awalnya digunakan oleh makhluk yang disebut Penduduk Abu-abu (Gray Folk). Mereka sakti, namun sayang sekali susah mengontrol kesaktiannya karena buat mereka kesaktian dikontrol melalui pikiran. Sejak Eragon diajarkan oleh Oromis, seorang penunggang naga pada pada Penduduk Abu-Abu, mereka lalu menjadi mudah mengontrol kesaktiannya. Karena ilmu ini berbahaya apabila ada di tangan yang tidak baik, maka mereka mewariskan bahasa ini hanya pada keturunan atau orang kepercayaannya saja.
  • Elven: Bahasa yang digunakan oleh para Elf yang mendiami kota-kota yang dihuni pula oleh banyak makhluk dan juga naga. Bahasa ini terdiri dari macam-macam dialek.
  • Elvish Hexer: Bahasa yang digunakan oleh para Elf dalam buku The Witch ciptaan Andrzej Sapkowski. Bahasa ini memiliki akar kuat Bahasa Inggris dan Welsh. ‘Hexer’ atau ‘Hexe’ sendiri adalah bahasa Jerman yang berarti ‘penyihir’.
  • Eltharin: Bahasa yang digunakan para Elf dalam karya fantasi Warhammer. Di antara cabang Eltharin antara lain:
    1. Fan-Eltharin: Bahasa para Elf yang tinggal di hutan rimba
    2. Tar-Eltharin: Bahasa para Elf tingkat tinggi dan digunakan pula oleh Elf yang tinggal di lautan
    3. Druhir: Bahasa yang digunakan para Elf yang mendiami lembah hitam
  • Sperethiel: Bahasa yang digunakan oleh para Elf yang datang dari masa depan dalam dunia Shadowrun. Sementara Shadowrun sendiri adalah sebuah teknik hacking/cracking yang disamarkan melalui permainan. Permainan ini pula yang mengilhami terciptanya film The Matrix, salah satu trilogi film terbaik yang pernah di buat.
  • Ssamath: Bahasa ini hanya digunakan oleh Elf gelap yang memiliki keahlian nujum jahat di kota yang didiami manusia dan naga.
  • Elvish Strands: Bahasa ini dipakai Elf dalam sebuah kisah romantis buatan Gael Baudino. Karena ada dalam sebuah roman, maka bahasa para Elf ini lebih banyak yang berisikan kalimat-kalimat bujuk rayu dan kehidupan cinta-kasih para Elf
  • Darnassian dan Thalassian: Bahasa yang dipakai oleh Elf dalam kisah fantasi petualangan Warcraft, sebuah permainan online yang memiliki pemain paling banyak di dunia ini. Pada bulan Januari 2008, Word of Warcraft (WoW) memiliki peserta sebanyak 10 juta pemain.
  • Gnommish: Adalah bahasa yang kerap digunakan dalam serial Artemis Fowl. Sebuah kisah fiksi tentang seorang prodigy (anak jenius) yang berasal dari Irlandia dan memiliki kecerdasan luar biasa dalam hal kriminalitas. Bahasa yang digambarkan dalam kisah ini berasal dari bahasa mesir kuna, Hieroglyphs, yang sudah dimodifikasi. Silahkan melihat diagram ini (55 Kb) untuk mengetahui lebih lanjut.

Sebagaimana Bahasa Klingon yang mempunyai institut tersendiri bernama Institut Bahasa Klingon (KLI), Elvish juga mempunyai kelas-kelas akademik yang diajarkan sebagai bahan ekstra-kurikuler. Bahkan di Sekolah Teknologi Turves Green Boys, Birmingham, Inggris, ada kelas khusus untuk belajar bahasa Elf ini.

Apabila sekolah anda tidak mengajarkan bahasa Elf atau anda sendiri di tertarik lebih lanjut, anda dapat mempelajari Elvish lebih lanjut di internet atau di Sekolah Tinggi Elvish. Banyak sekali kelas-kelas awal (101) di buka atau informasi yang dapat di unduh dengan mudahnya melalui mesin pencari di internet.

Apabila ingin mengetahui nama anda dalam Elvish, silahkan menuju ke halaman ini.

-0-

Di masa depan, dalam website bangaip.org ini akan pula menyediakan beberapa suku kata Elvish dan tata bahasa serta penggunaannya. Silahkan berlangganan tulisan blog ini lebih lanjut dengan mengklik link ini dan mengkonfirmasikannya melalui email anda.

Kalau berminat mengetahui bahasa Elf lebih lanjut, berdoalah agar pihak-pihak yang dimintai konfirmasinya mengenai tulisan 7 Keajaiban Cilincing lebih lama telatnya. Maka saya akan melanjutkan dongeng mengenai Elvish tanpa Presley ini. Hehehe.

Diola lle
Tuor Aldaríon (uin minë adel orophin telperiën)

artinya:

Terimakasih
Abang Aiptop (pemilik sah bangaip dot org)

This entry was posted in bahasa elf, bangaip and tagged , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Bahasa Elf: Pengantar Elvish Untuk Pemula

  1. gunawanrudy says:

    Pertama kali saya mengenal istilah “Elf” itu sekitar SD, kelas 5 atau 6.

    Kenalnya pertama kali dari game Suikoden di Playstation. Di game itu ada ras / suku bangsa Elf — yang identik dengan usia panjang (bahkan katanya ada yang abadi), daun telinga panjang dan lancip, ganteng / cantik, pemanah ulung, pemakai rune yang hebat, bermukin di hutan dan punya sihir yang mengendalikan hutan.

    –0–
    Banyak orang pakai bahasa Indonesia sebagai pengantar bicara/akademis di kampung saya, Cilincing, Mas Gun. Tapi banyak yang gagal mengetahui darimana asal bahasa tersebut. Seakan itu bahasa jatuh dari langit. Anugrah begitu saja tanpa ada prosesnya.

    Belajar bahasa (entah elvish, cilincing atau HTML serta percabangannya), mungkin salah satu cara saya memahami budaya yang tengah saya terima. Salah satunya, sama sepreti Mas Gun, melalui game Suikoden itu. Hehe.

  2. Eru says:

    Keren nih bahasannya bang, ga nyangka elf-elf di berbagai literatur dan game
    itu memakai jenis bahasa elf yang beda.

    Jadi penasaran soal sistem simbolis / rune bangsa Elf nih…

    *mulai jalan2 ke wikipedia*

    –0–
    Terimakasih Eru

  3. edratna says:

    Saya belajar dari membacatulisan ini.
    Walau masih “agak sulit” memahami, karena benar2 dunia yang berbeda (hehehe…kalau istilah bisnis lebih tahu)…..tulisan Bangaip ini menjadi bahan diskusi dengan si sulung, sehingga walau masih bingung, saya mulai mengerti sedikit-sedikit

    –0–
    Ini memang dunia yang berbeda, Bu. Beberapa saat lalu, kebetulan bertemu client yang bicara bahasa Elvish. Ada beberapa deal yang sukses karena bahasa ini. Hehe

  4. dnial says:

    Err….
    Dif-tor heh smusma!

    (Long live and prosper – Vulcan) 😀

    –0–
    Wahh, kalau bahasa vulkan, saya nyerah deh. Hihi

  5. Manusiasuper says:

    Mani ume lle quena?

    Lle quena i’lambe tel’ Eldalie?

    Lle holma ve’ edan

    –0–
    Uma, Mellatara naa edan (renaa ‘tuulo Cilincing) tanyaa naa mankooi amin holma ve’ edan. Lle ume quel yassen lle alta nengwi.

  6. sandal says:

    Akankah Bahasa Klingon juga dibahas di blog ini Mas?

    Kalau Bung Karno konon menguasai 6 bahasa asing, saya rasa Mas Arif tidak kalah juga. Bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Elf, Cilincing, HTML juga PHP, dan saya rasa JSP juga.

    Wow!

    –0–
    Bahasa Klingon nampaknya di Blog Mamanya Ima pernah dibahas yaa. Hehe.
    Wah saya mah jangan disandingin sama BUng Karno, Mas Sandal. Beliau itu ganteng, berwibawa dan sungguh hebat berkata-kata. Saya? Halahh, jauuuh pisan… Hihihi

  7. sufehmi says:

    bwahahaha…… Elerossë Helyanwë, keren ! 😀

    –0–
    Diola lle :)

  8. Nisrin Hedar says:

    Bagus banget, thx for the blog

    –0–
    Sama-sama. Terimakasih sudah mampir :)

  9. cK says:

    bwaaah…roaming sama bahasanyaaaaa…. 😆

    tapi saya baru tahu ternyata bahasa elf itu berbeda-beda. 😀

    –0–

    Aha, berarti beruntung saya. Bisa bagi-bagi info sama Mbak Chika. :)

  10. titiw says:

    OOOH.. jadi bahasa elf itu emang diciptakan sama JR tolkien ya..? ck ck ck.. jenius ama tu orang.. Aku kira tuh bahasa elf emang udah eksis dari dulu.. Mencerahkan ni bang..

    –0–

    Makasih Tiw :)

  11. donrei says:

    Kok g’ da suku2 kata sih..
    mbok ya , di translate dri bhsa ind, ke bhsa elf..

  12. rian says:

    ada kan struktur tulisan bahasa elf….
    bagi geh…..
    aku juga pengen ngerti bahasa elf….
    kalo cuma penjelasan ja percuma….
    gak bikin senang….
    karna penasaran….
    mungkin tu juga indonesia gak maju2..
    karna yang di butuhkan itu penertian…
    melainkan pemahaman tentang apa yang di maksud…
    dengan mempelajari bentuk tulisan…

  13. dell says:

    Hello..

    Keren ni..

    Minta website kamus online nya bahasa elf dong..ada ga?

    Pliss,bagi dong 😉

  14. Prisanti says:

    first! this’s cool! tpi knp ngk dibahas lbh dalam? saia pengen tahu juga.. gmn caranya berkomunikasi ala elf.. :)

    Thanks for info.. ada situs referensi lain bwt bljr elf ngk?

  15. rynal says:

    semua pertanyaan yang menanyakan dimana bisa belajar bahasa elf atau gimana caranya mentranslate bahasa elf ke bahasa indonesia atau sebaliknya gak dijawab…. kalo kayak gt bagusnya jangan pernah publishin tulisan diatas lah bang….

    –0–

    Iya benar. Saya juga sudah lama mau berhenti menulis. Terimakasih atas dukungannya

Leave a Reply