Komik Rada Lucu Edisi 1 – Download

Ketika rapat di suatu sore, di pojok ada anak kribo pakai kacamata duduk menunduk. Ia diam saja. Tidak banyak bicara. Nampaknya serius mendengar rekan-rekannya berdebat panas.

Di komunitas seniman Jakarta, SERRUM, bukan hanya satu yang kribo. Ada banyak ternyata. Bahkan ada yang pura-pura memelontosi kepalanya agar terlihat lebih ‘kinclong’. Si Kribo berkacamata ini nampaknya membiarkan rambutnya tergerai begitu saja sore itu.

Saya cengar-cengir. Di SERRUM itu ada Gunawan, yang selain mengurus pendidikan anak-jalanan dan beberapa panti asuhan, rambutnya pun yang kribo tidak jauh dari olok-olok. Dalam hati saya berkata, “Wah ada mangsa baru nih setelah si Gun, kribo segar… Hehe”.

Belum sempat rapat habis, Si Kribo tiba-tiba bicara (sesuatu yang sebelumnya saya tidak yakin akan ia lakukan). Dia bilang, “Bangaip, maap nih. Walaupun gua emang orang baru di sini gua berjanji akan berkomitmen sekuatnya. Melalui komik. Dengan cara menduniakan komik dan mengkomikkan dunia”.

Ini pemuda kribo itu

Ini pemuda kribo itu

Tidak hanya sampai di situ, setelah rapat selesai Si Kribo keriting curly ini malah tiba-tiba menghampiri saya. Kaget juga saya. Jarang ada seniman muda yang begini. Anak baru biasanya malu-malu kucing (atau malahan takut) untuk mendekati saya.

Ia menyodorkan buku kecil (atau lebih tepatnya kertas-kuarto-dilipat-delapan) yang berisi komik buatannya. “Ini KRL bang. Tadinya gua buat sebagai proyek hasil pengamatan terhadap penumpang kereta yang suka sembarangan dalam memanfaatkan fasilitas publik”.

Si Kribo ini namanya Eko. Nama panjangnya Eko Bimantara. (*Saya sendiri tidak tahu nama lengkapnya kalau tidak lihat halaman facebooknya. Hehe. Tapi itu sih masih mending… Ibu saya sendiri. Ibu kandung. Setiap menulis nama saya, pasti ada salahnya. Entah kelebihan huruf ‘E’, atau huruf ‘F’ berganti jadi ‘P’, serta banyak lagi kasus yang telah terjadi. Buset dah! Padahal kan beliau tidak buta huruf*)

Bolak-balik saya lihat komik itu. Komik yang berisi cerita-cerita tentang kereta dan penumpangnya.

KRL adalah singkatan dari Kereta Rel Listrik. Sebuah angkutan massal berbentuk kereta api yang digerakkan oleh tenaga listrik. Pada komik Eko, KRL memiliki rute Jakarta-Bogor. Angkutan massal dari kantung satelit urban ke pusat kota dan sebaliknya.

Eko buat komik itu dalam versi kecil karena ia kesulitan finansial dalam mendistribusikannya. Idealisme nya berkata, bahwa komik itu sebaiknya gratis. Saya ketawa, “Kalau gratis bikin susah, kenapa nggak dijual aja?”

Ia sambil garuk-garuk kepala berkata, “Kecil gini. Tipis pula. Siapa yang mau beli? Lagian penerbit maunya yang bertema khusus saja… Dan tebal pula!”

Saya tambah ketawa, “Komik petruk gareng aja yang lebih tipis dari ubi goreng jalanan laku di tahun 80-an. Kenapa punya lo nggak?”

Dia diam.

Saya jadi tidak enak. Saya bilang akhirnya, “Ya udah Ko, taro aja dulu di warung gua. Sebar aja dulu ama warga. Kalo emang warga berminat, yaa silahkan ambil. Nanti juga kalo ada rejeki, kagak bakalan lari kemana deh. Percaya deh ama aye”

Eko manggut-manggut. Merelakan karya-karyanya dipajang di bangaip.org untuk diambil warga dengan semaunya asal tidak lupa dicantumkan nama penciptanya.

Maka itu warga pengunjung bangaip.org… Silahkan lah menikmati komik Eko. Komik Rada Lucu (KRL) edisi pertama.

Silahkan download disini PDF nya (6,6 Mb).
Download Komik KRL (Komik Rada Lucu) edisi pertama disini

Jangan lupa, kalau suka sampaikan terimakasih untuk Eko. Bisa ke halaman milik beliau juga di kolom komentar di postingan ini :)

This entry was posted in downloads. Bookmark the permalink.

23 Responses to Komik Rada Lucu Edisi 1 – Download

  1. kramero says:

    Hahahahaha…
    Lucu banget komiknya…!
    Kecuali yang agak2 sadis ya… ntar dapet kategori gore pula… 😛

    Cocok nih kalo dimasukin koran… 😀
    Kira – kira bisa gak ya..?
    Sukses terus buat Bung Eko…

    –0–
    Terimakasih atas supportnya :)

  2. KiMi says:

    Saya sedang download komiknya, jadi belum dibaca. Tapi, setidaknya mengucapkan terima kasih dulu ke Mas Eko karena berkenan memberi komik gratisan. 😀

    Sukses selalu yah untuk Mas Eko Bimantara.

    –0–
    Iya, kita doakan Mas Eko tetap sukses menghibur kita semua :)

  3. titiw says:

    Aku udah baca semuanyaaa!! Aku ngepens bener da ah sama ini komik!! Ka’ RL emang joss!! paling suka sih aku edisi guru, hihihi.. ciayo ya ko!! :)

    –0–
    Edisi Guru menyusul, nantikan tanggal mainnya di kota terdekat anda (*hihi*)

  4. mud says:

    love the artwork, the story. keep it up !

    –0–
    Terimakasih atas supportnya :)

  5. Wijaya says:

    Bagus mas Eko…..!!! Menghibur sekaligus membuat kita merenung……
    Buat yg banyak, trus terbitin dalam buku macam Beny_Mice, pasti laku keras….!!!

    –0–
    Sipp Mas Nuky. Ini pasti jadi masukan yang mantap buat Mas Eko.

  6. morishige says:

    ane udah donlot, bang..
    iye bener tuh… masupin ke koran aja…
    kompas mungkin mau tuh.. gambarnya bagus pula!

    –0–
    Terimakasih. Saya sampaikan nanti pada Mas Eko :)

  7. adipati kademangan says:

    *jadi takut mau naik atap KRL lagi*

    –0–
    Eh pernah? Cerita dong Adipati?

  8. keeka says:

    Lucu tapi ngeri…terutama yang kepalanya kebelah dan yang tangannya putus…

    –0–
    Sepengetahuan saya, semua bahan diangkat dari kisah nyata. Minimal, di koran Pos Kota Jakarta banyak beritanya

  9. Lucu, bagian belakangnya aja. 2 atau 3 cerita terakhir. Sisanya, hmm ga tau ya, kadang ngga sreg kalo kematian dijadikan kelucuan.

    –0–
    Akan disampaikan, Pak. Terimakasih atas masukannya.

  10. Funkshit says:

    aku punya versi komik cetak nya… yea yea yea…

    –0–
    Yang terbaru sudah punya, Mas Ari? :)

  11. Nyubi says:

    Ijin sedot bang :)

    –0–
    Sipp lah :)

  12. Bener2 lucu.
    Trima kasih Mas Eko karena sudah membuat senang orang lain.
    Salam.

    –0–
    Salamnya disampaikan langsung ke orangnya :)

  13. Ditunggu sequel-nya Mas Eko…
    Semoga sukses.

    –0–
    Tidak lama lagi bersambung Mas Dewo. Saya sudah dapat ijin dari Mas Eko nih :)

  14. edratna says:

    Segera ke TKP bang.

    O, iya, mana janji bangaip untuk menambah lagi buku Cilincing nya..karena saya tak dapat kabar lagi dari Emjie, akhirnya bukuku berputar terus…hehehe..semoga aja tak hilang, maklum tandatangan bangaip langka.

    –0–
    Iya Bu, maaf yaa. Di salah satu episode 7KC mendatang akan dibuka lagi pemesanan buku Cilincing Brotherhood. Untuk Ibu sudah saya masukkan kesana. Termasuk juga pesanan Mas Fadil Mansup :)

  15. zam says:

    anjrit!! komiknya SADIS!!! hwakakakakakakakaka..

    bang aip, saya upload di tempatku juga ya, buat mirror supaya orang bisa mudah nyari. all credits tetep ke penulis asli dan link ke sini akan tetep terpasang! 😀

    –0–

    Siip Zam. Makasih yaaa. Sebarin aja sebanyak-banyaknya. Semoga pesannya sampai ke publik :)

  16. Pingback: KRL: Komik Rada Lucu « muhammad zamroni

  17. geblek says:

    ijin nyedot gan 😀

  18. gadgetboi says:

    sedang donlot… tidax sabar jadinya. thanx atas bikin komik ini menjadi “opensource” hehehe :-p. ini lisensinya GPL yahh?? hihihii

    –0–
    Lisensinya masih dibawah Mas Eko Bimantara, Mas. Saya cuma bantu menyebarkannya :)

  19. gadgetboi says:

    hahahahahaha…. lucu banget bang! keren lah! ayo lanjutkan bikin komiknya!

    –0–

    Edisi selanjutnya segera meluncur

  20. danik says:

    keren..
    lucu..
    ini nyata dr sehari-hari yah..??

    yg terakir tuh yg bikin ketawa ples geleng2…
    gw jg gk berani naek krta yg jalurnya kek halilintar dupan :hammer:

    –0–

    Kata Eko, nyata

  21. rodin says:

    ahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha *sakit peyut abis baca*

  22. Si Ekooooooooo..!!!
    Gw baru liat ada artikel ini.. Haha..
    Nama lengkapnya Eko Slamet Bimantara.. Dari masih sekolah juga udah “nyeni” ni anak..
    Btw, dia gitaris juga.. Hihihihi..

Leave a Reply