Batuk Pilek Biasa atau Flu? Kenali Gejalanya!

(*Tulisan ini dipicu dari komentar Mas Mbel terhadap Panduan Bencana: Epidemi Flu dan juga banyaknya pertanyaan yang masuk melalui surat elektronik mengenai gejala flu*)

Tulisan ini adalah Panduan Mengenali Gejala Flu. Tujuannya adalah agar memudahkan pembaca umum (non medis personil) mengenali secara cepat gejala Flu.

Beberapa kalimat diterjemahkan tanpa berdasarkan kamus medis karena kelemahan penulis (bangaip) dalam menemukan dan mengidentifikasi bahasa medis. Seperti misalnya “Cold” dalam bahasa Inggris, diterjemahkan menjadi ‘batuk pilek biasa’. Atau “Fever” menjadi ‘demam’. Di dalam tabel bawah ini, beberapa kalimat dalam bahasa Inggris yang (bangaip tidak yakin artinya, namun) menjadi sumber tulisan akan disertakan sebagai acuan.

Gejala Batuk Pilek Biasa (Cold) Flu (Musiman)
Demam Kadang-kadang demam, biasanya ringan Umumnya sering; tinggi (100° – 102° F, 37,8° – 38,9° C). Biasanya temperaturnya lebih tinggi daripada angka berikut ini dan sering terjadi pada balita. Dapat berlangsung hingga 3-4 hari
Sakit Kepala Kadang-kadang Sering
Nyeri pada tubuh Ringan Sering; kadang parah
Letih, Lemah Kadang-kadang Sering, bisa hinggap sampai 2-3 minggu
Kelelahan ekstrim (Extreme Exhaustion) Tidak pernah Sering. Biasanya terjadi di awal sakit
Pilek berair Umumnya ada Kadang-kadang
Bersin Sering Kadang-kadang
Tenggorokan nyeri Umumnya ada Kadang-kadang
Batuk atau nyeri dada ketika batuk Ringan hingga menengah; Batuk kering atau batuk pendek Umumnya ada; kadang sampai nyeri sekali
Komplikasi Hidung macet (Sinus congestion); infeksi telinga tingkat menengah Sinusitis; bronkitis, infeksi telinga, radang paru-paru; dapat membahayakan
Pencegahan Cuci dan membersihkan tangan sesering mungkin. Hindari kontak dengan siapa saja yang memiliki batuk pilek biasa Cuci dan membersihkan tangan sesering mungkin. Hindari kontak dengan siapa saja yang memiliki gejala ini. Segeralah mendapatkan vaksinasi atau minta pendapat ahli medis lokal yang terpercaya
Penanggulangan Antihistamin; Dekongestan; Anti radang Antihistamin; Dekongestan; Analgesic (ibuprofen, acetaminophen); Pada flu musiman varian H1N1 umumnya digunakan obat/vaksinasi anti virus dalam jangka waktu 48 jam

Mohon jangan panik atau gelisah apabila anda mengetahui ada perorangan yang memiliki beberapa gejala di atas. Tulisan ini untuk edukasi umum dan sama sekali tidak memiliki niat untuk membuat ketakutan di masyarakat.

Jika anda tidak yakin dengan apa yang anda (atau orang yang anda kenal) miliki (batuk pilek biasa atau Flu), segera konsultasikanlah ke ahli medis terdekat. Langkah ini penting dilakukan bukan hanya untuk anda sendiri, melainkan juga untuk masyarakat atau komunitas yang anda tinggali agar tidak mudah dijangkiti flu musiman.

Semoga sedikit informasi ini bisa membantu :)

This entry was posted in tips and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Batuk Pilek Biasa atau Flu? Kenali Gejalanya!

  1. mbelGedez™ says:

    .
    Well…
    Obat jatah 3 hari dari dokter kan udah abis. Karena gejala awal yang mirip Typoid, membuat sayah lebih waspada.

    Saat inih sayah ( for the first time ) mengikuti langkah primitif yang semoga manjur. Yaitu cacing tanah yang udah dibersihin, lalu digoreng tanpa minyak hingga kering. Kemudian sayah suapin ke Axl.

    Kalo ndak salah seh, kadar proteinnya lebih dari 70%, dan tanpa efek samping. Berkasiat cepat dalam pemulihan tenaga.

    **ibu nyonya bang aip pasti kegelian sayah komen beginih..**

    –0–

    Terimakasih infonya Mas Mbel. Kalau manjur, kenapa tidak? :)

  2. Wijaya says:

    Mbah, cacing tanah itu juga bisa diracik dengan cara direbus dalam kuali tanah, dicampur dengan akar kayu manis (cinnamomi radix), rebus hingga mendidih, diminumkan 3x sehari….
    Racikan ini lebih nikmat dan tidah eneg.

    –0–

    Wah saya barutahu nih racikannya. Terimakasih Mas Nuky

  3. edratna says:

    Seringnya, gejala panas adalah gejala awal. Saat saya kena typhus dan dirawat di RS, dokternya saya tanya, kenapa tulisannya pre diagnosa typhus..karena memang dua hari pertama hanya diawasi, namun telah diberi infus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan diobati panasnya. Baru hari ketiga akan terlihat apakah gejala panas tadi karena Demam Berdarah Dengue, atau Typhus atau penyakit yang lain.

    –0–

    Terimakasih infonya, Bu

Leave a Reply