Archive for the 'security' Category

Tulisan Anak SMP

Iya saya tahu saya tidak adil. Membandingkan dua anak SMP yang berbeda. Mereka dipisahkan oleh lokasi geografis, kultur bahkan mungkin cara mengikat tali sepatu.

Anak pertama, menulis mengenai keamanan jaringan komputer dan kelemahan yang terkandung didalamnya dengan banyak sekali referensi daftar pustaka. Kelihatan sekali obsesinya di dunia jaringan keamanan komputer telah tertata baik sejak usia dini. Ini buktinya (kalau diklik menuju link asli):

x1_92e1d7e

Anak kedua, menulis juga obsesinya. Yaitu masuk surga. Ini buktinya (kalau diklik menuju link asli):

anak SMP yang terobsesi masuk surga

Diatas, dua-duanya, adalah tulisan anak SMP. Orangnya berbeda.

Tidak adil memang membandingkan sebuah karya ilmiah dengan tulisan curahan hati (yang dipenuhi gambar hati – literal). Tapi dari bukti ini, kadang bertanya saya pada diri sendiri, apa yang harus dilakukan untuk membantu anak SMP kedua (yang jelas-jelas dari Indonesia) agar menjadi lebih baik pendidikannya?

Atau minimal, bisa membantu dia untuk berkhayal lebih variatif daripada sekedar membayangkan pocong dan hati yang luka?

(*Atau memang saya yang harus sadar, bahwa di dunia ini ada manusia yang hanya butuh cerita hantu dan romansa untuk bertahan hidup dari hari ke hari?*)

Pengantar Pengetesan Keamanan Sederhana (cerita tentang Denbagus dan Celana Dalam Nenek Tetangganya)

Gambar seorang nenek tidur. Photo credit: Paula Bronstein/Getty Images

Saya sering dengar kalimat ini, “Lebih baik gua yang masukin daripada orang laen”, pada percobaan test keamanan mesin/jaringan tak diminta yang ketahuan.

Kalimat tersebut, secara personal (artinya buat saya pribadi), kedengarannya janggal. Kok yaa bisa-bisanya bilang begitu ketika ketahuan? Kalau tidak ketahuan gimana dong? Terus, orang lain itu siapa? Orang Botswana? Buset dah!

Contoh scenario kalimat diatas terdengar pada kasus:

  • A – Denbagus Manyun kebanyakan waktu luang. Ia belajar cari cara dapetin duit lebih banyak. Sebagai ABG yang baru kenal internet, membabi-butalah Denbagus Manyun mau tahu cara carding, jadi maling lewat mencuri kartu kredit orang. Ketika carding sepi, Denbagus Manyun coba peruntungan bikin ecommerce palsu dagang barang tidak baik. Ketika itu juga ketahuan, Denbagus Manyun ganti haluan. Email jadi sasaran. Kadang menyandera email orang lain (dengan tebusan duit tentunya). Kadang juga ngembat database orang lain yang isinya email-email untuk dijual. Pada sebuah aksinya, Denbagus ketahuan.
  • B – Denbagus Manyun iseng. Masuk ke mesin orang tanpa niat. Sekedar iseng. Walaupun scenario ini agak aneh. Percayalah, di muka bumi ini banyak orang aneh. Sama seperti scenario A, pada sebuah aksinya, Denbagus ketahuan.
  • C – Denbagus Manyun memiliki ideologi yang tidak sejalan dengan pemilik mesin yang ia masuki. Ketahuan atau tidak ketahuan, Denbagus akan bilang begini.

Jadi ketika suatu hari Denbagus Manyun ketahuan jadi kancil masuk ke rumah orang lain untuk mencuri ketimun. Terus pas ketahuan dia bilang “Lebih baik gua daripada orang laen” maka kalimat ini akan terdengar janggal.

Kenapa?

1. God Complex
Jika scenario A jadi patokan, maka Denbagus Manyun merasa dirinya tokoh protagonis dengan menggunakan kalimat “Lebih baik gua”. Lebih parah lagi, merasa berhak masuk ke WC manapun di dunia ini bahkan tanpa terlihat. Hanya karena ia adalah seorang Denbagus Manyun. God complex, menjustifikasi diri sebagai tuhan yang berhak menentukan nasib orang lain, telah menyerang Denbagus Manyun. Justifikasi kompleksitas ini bisa dengan banyak alasan latar belakang, “Gua kan miskin, jadi boleh” (miskin di sini bisa diganti jadi ganteng/pinter/kaya atau whatever lah) atau “Karena gua bisa”. Di sini, Denbagus Manyun nampaknya harus dibantu disadarkan kalau ia itu bukan Tuhan. Tapi pada scenario B, walaupun iseng, Denbagus Manyun juga tanpa sadar berkata bahwa, “karena gua bisa”. Jadi justifikasi menuhankan diri sendiri bisa dimasukkan dalam kategori scenario A dan B.
Saran solusi: Denbagus Manyun sebaiknya dibantuk untuk diobati. Penjara tidak akan mengurangi kompleksitas Denbagus. Hanya menghambat akses sementara. Kalau dipenjara, siapa yang bisa jamin dia keluar penjara jadi sehat dan akan berguna buat diri dan lingkungannya?

2. Arogansi
Ketika ketahuan jejaknya dan diciduk, baru Denbagus Manyun bilang “lebih baik gua”. Kalau tidak ketahuan, apa yang akan dia lakukan dengan akses gratis keluar masuk rumah orang? Apa yang dia lakukan kalau dia berhasil melihat koleksi beha rahasia milik nenek-nenek tetangganya, sementara si nenek-nenek tidak tahu koleksi bra nya itu mungkin sudah diendus-endus Denbagus Manyun tanpa sepengetahuan? Percaya diri beda dengan arogansi. Jika Denbagus Manyun amat PD bisa masuk kamar nenek-nenek dan nyolek-nyolek behanya, kenapa dia nggak bilang ama tuh nenek-nenek? Terus kenapa juga ia tidak membantu si nenek agar beliau dapat mengamankan behanya, jika suatu hari pemuda macam Denbagus Manyun mencoba memasuki peti harta karun berisi beha bekas itu? Lah kenapa Denbagus Manyun baru bilang “Lebih baik gua” ketika ia tertangkap tangan sedang memegang beha kondor nenek-nenek? Ini aneh, sebab secara bawah sadar Denbagus Manyun sedang mempraktekkan mekanisme pertahanan diri untuk menangkal kritik lebih lanjut. Bahasa kerennya, Denbagus Manyun “a-ro-gan”.
Saran solusi: Arogansi timbul akibat tidak bisa menerima kritik/realita. Untuk bisa menerima kritik/realita sebaiknya mempelajari diri sendiri dengan baik. Ini ada sekelumit operasi standar bagaimana cara mengetes keamanan diri sendiri dengan baik. Kalau bisa mengetes diri dengan baik, dan lalu jadi realistis, kira-kira dikemudian hari nanti, mampu mengetes keamanan rumah nenek-nenek tetangganya dengan baik. Rekomendasi dari National Institute of Standards and Technology mengenai panduan pengetesan keamanan. Kalau bisa, baca dokumen yang di link itu dari bawah sampai atas. Kalo nggak bisa, coba usahakan baca halaman 30. Ada tabel bagus di sana

3. Miskin Transparansi
Karena Denbagus Manyun tidak transparansi (artinya setelah ketahuan baru bicara), siapa yang tahu kalau Denbagus Manyun ketika mendongkel jendela rumah sang nenek tetangganya menggunakan obeng yang telah diguna-guna atau tidak? Bagaimana jika obeng itu ternyata sudah disembur oleh dukun dan ketika digunakan, ternyata tanpa disadari Denbagus Manyun, obeng itu mengumpulkan data celana dalam sang nenek-nenek. Ketidak-transparansi dalam pengujuan keamanan rumah si nenek tetangga, mampu berakibat lebih daripada hanya sekitar tuduhan ‘maling’ kepada Denbagus Manyun. Gimana kalau ternyata Denbagus Manyun selain dianggap maling (akibat mau mengendus beha nenek-nenek) ternyata juga dianggap pemerkosa (akibat obengnya blusukan ke celana dalam sang nenek yang sedang tidur)? Gawat itu. Denbagus Manyun bisa kena pasal berlapis.
Saran solusi: Biar tidak dianggap maling dan berselangkangan ganas, Denbagus Manyun ngobrol lah kalau mau mengetes keamanan rumah orang. Lebih baik ngobrol ke RT/RW biar malah dibantu pakai alat pengetes yang baik. Alat yang baik adalah alat yang diketahui pembuatannya secara aman dan bahkan mampu diaudit dari mana asalnya. Berikut ini di opensourcetesting ada alat-alat yang mampu diaudit dengan baik, silahkan dipilih mana yang cocok.

Nah, diatas hanya sedikit ulasan soal Denbagus Manyun. Bagi teman pembaca mungkin yang bernama Denbagus dan mulutnya manyun, saya mohon maaf. Ini bukanlah nama sebenarnya dan hanyalah tokoh fiktif rekaan saja. Jangan diambil hati.

Ada scenario yang ketiga, yaitu kalau Denbagus Manyun memiliki ideologi yang berbeda. Pada scenario ini, saya lebih memilih tidak berkomentar. Secara pribadi, bukan kewenangan saya bicara soal ideologi orang lain. Ditambah lagi, bicara ideologi pasti akan bicara soal hukum dan Undang-Undang Dasar si pemilik ideologi. Nah, hukum, UU dan ideologi, bukan keahlian saya. Apalagi ngasih kuliah 101. Saya mah bisanya masak doang. Jadi saya lebih baik masak aja buat makan siang anak saya. Huehehehe

Sampai jumpa kembali, kaka

Alamat KBRI dan Konsulat Jenderal Indonesia (Indonesia Embassy Address)

Alamat kedutaan besar republik Indonesia di luar lokasi geografis NKRI. Mohon beritahu lewat kolom komentar jika ada yang pindah atau update alamat. Saya akan berusaha memperbaruinya.

Indonesian Embassy addresses. Please inform on comment form if there is any update on information below.

Country Contact Information Remark
Afghanistan Interior Ministry Street, Shah-re-Naw, (PO. Box 532) Kabul, Afghanistan Phone : (93-20) 220-1066 Fax: (93-20) 220-1735 Email :kbrikabul@neda.af Embassy
Albania 5, Yozef Valdhard Str.(53, Simenovsko Shosse Residence No. 4), 1700 Sofia, Republic of Bulgaria Phone : (359-2) 962-5240, 962-6170, 683-220 Fax : (359-2) 962-4418, 962-5842 Email : indosof@geobiz.net, kbrisof@geobiz.net Website : www.indonesia.bg Indonesian Embassy to Bulgaria and accredited to Albania
Algerie 41 Petite Provence Hydra BP. 62 El Moradia 16070 Alger, Algerie. Phone : (213-21) 694-915, 694-921 Fax : (213-21) 694-910 Email : kbrialger@lycos.com Embassy
Andorra 47-49 rue Cortambert, 75116 Paris, France Phone : (33-1) 4503-0760 Fax : (33-1) 4504-5032, 4072-7063 Email : komparis@online.fr Website : www.amb-indonesie.fr Indonesian Embassy to France and accredited to Andorra
Angola 103, Nelson Mandela Avenue, Windhoek, Namibia (P.O.BOX 20691 Whk) Phone : (264-61) 285-1000 Fax : (264-61) 285-1231 Email : kbriwindhoek@afro-indonesia.org Website : www.indonesiawindhoek.org Indonesian Embassy to Namibia and accredited to Angola
Argentina Mariscal Ramon Castila 2901, 1425 – Capital Federal Buenos Aires, Argentina Phone : (54-11) 4807-2211, 4807-2956 Fax : (54-11) 4802-4448 Email : emindo@tournet.com.ar Website : www.indonesianembassy.org.ar Embassy
Armenia Ul Nagornaya 27B, Kyiv 04107, Ukraine Phone : (380-44) 206-5446, 206-5447, 206-5448, 211-7633 Fax : (380-44) 206-5440 Email : kbri@indo.ru.kiev.ua Website : www.kbri.kiev.ua Indonesian Embassy to Ukraine and accredited to Armenia
Armenia 37G, Israelyan str, Yerevan 375015, Republic of Armenia Phone : (37-410) 528825, 565669 Fax : (37-410) 566230 Email : info@riconsulate.am Website : www.riconsulate.am Honorary Consulate Yerevan
Australia 8, Darwin Avenue, Yarralumla A.C.T. 2600, Canberra, Australia Phone : (61-2) 6250-8600 Fax : (61-2) 6273-6017, 6273-3545 Email : indonemb@kbri-canberra.org.au Website : www.kbri-canberra.org.au Embassy
Australia 72 Queens Road, Melbourne 3004, Victoria, Australia Phone : (61-3) 9525-2755 Fax : (61-3) 9525-1588 Email : kjri@kjri-melbourne.org Website : www.kjri-melbourne.org Consulate General Melbourne
Australia 134 Adelaide Terrace (P.O.BOX 6683 East Perth), WA 6004, Australia Phone : (61-8) 9221-5858 Fax : (61-8) 9221-5688 Email : ri@iinet.net.au Website : www.kri-perth.org.au Consulate General Perth
Australia 236-238 Maroubra Road, Maroubra, Sydney NSW 203, Australia Phone : (61-2) 934-49933 Fax : (61-2) 934-96854 Email : protocol@indonsyd.org.au Website : www.indonsyd.org.au Consulate General Sydney
Australia 20, Harry Chan Avenue, Northern Territory 0801 Darwin, Australia Phone : (61-8) 8943 0200 Fax : (61-8) 894-12709 Email : kridrw@indoconsdarwin.org.au Website : www.kri-darwin.org Consulate Darwin
Australia TCN The Communication Network. 1st Floor, 28 Green Hill Road, Way Ville, SA 5034 (GPO Box 2210 Adelaide SA 5001), Australia Phone : (61-8) 8357-8955 Fax : (61-8) 8373-3342 Honorary Consulate Adelaide
Austria Gustav Tschermakgasse 5-7, A-1180, Wien, Austria Phone : (43-1) 47-623 Fax : (43-1) 479-0557 Email : info@kbriwina.at Website : www.kbriwina.at Embassy and Permanent Mission to UNIDO, IAEA, UNOV, CTBTO
Austria Alte Bundesstrase-10, A-5071 Salzburg-Walls, Austria Phone : (43-662) 855-538, 858-2100 Consulate General Salzburg
Azerbaijan 210, Ghaemmagham Farahani Ave. (P.O.BOX 11365/456), Tehran, Iran Phone : (98-21) 871-7251 Fax : (98-21) 871-8822 Email : kbritehran@parsonline.net Website : www.indonesian-embassy.ir Indonesian Embassy to Iran and accredited to Azerbaijan
Bahamas 5ta Avenida # 1607 Miramar, La Habana, Cuba Phone : (53-7) 204-9963, 204-9618, 204-0046 Fax : (53-7) 204-9617 Email : indonhav@ceniai.inf.cu Website : www.indohav.cu Indonesian Embassy to Cuba and accredited to Commonwealth Bahamas
Bahamas #4 Cater Street, Oakes Field, Nassau, N.P. Bahamas Phone : (242) 322-3759 Fax : (242) 322-3759 Email : alegria@batelnet.bs Honorary Consulate Nassau
Bahrain Kaifan Block 6, Al Andalus Street House No. 29, PO Box 21560, 13076 Safat, Kuwait Phone : (965) 483-9927, 483-9953 Fax : (965) 481-9250 Email : unitkom@kbrikuwait.org Website : www.kbrikuwait.org Indonesian Embassy to Kuwait and accredited to Bahrain
Bangladesh Road No. 53, Plot No. 14 Gulshan – 2, Dhaka 1212, Bangladesh Phone : (880-2) 988-1640 to 41, 881-2260 Fax : (880-2) 881-0993, 882-5391 Email : indhaka@bangla.net Website : www.jakarta-dhaka.com Embassy
Bangladesh A.K. Khan & Company Limited. Batali Hills, Chittagong (GPO Box 223), Bangladesh Phone : (88-31) 613-953, 611-050, 611-052 Fax : (88-31) 610-596 Honorary Consulate Chittagong
Belarus Novokuznetskaya Ulitsa No. 12, Moscow, Russian Federation Phone : (7-95) 951-9549 to 51 Fax : (7-95) 230-6431 Email : kbrimos@online.ru Indonesian Embassy to Rusia and accredited to Belarus
Belgium Avenue de Tervueren 294, 1150 Brussels, Belgium Phone : (32-2) 771-2014, 771-1778, 771-2666, 771-3347 Fax : (32-2) 771-2291, 772-6350 Email : kbribxl@brutele.be Website : homeusers.brutele.be/kbribxl/ Embassy
Belgium Boulevard de la Woluwe 38, Brussels B-1200, Belgium Phone : (32-2) 779-0915 Fax : (32-2) 772-8210 Email : info@indonesianmission-eu.org Website : www.indonesianmission-eu.org Mission to European Communities
Belgium Bloemenlei 5, Kappelen, Antwerpen 2950, Belgium Phone : (32-3) 605-6077 Fax : (32-3) 605-6039 Consulate General Antwerpen
Belgium Av. Paul Pastur 145, 6001 Charleroi, Belgium Phone : (32-71) 448-428 Fax : (32-71) 369-367 Honorary Consulate Charleroi
Benin 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O. BOX 3473, Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Benin
Bolivia Avenida Las Flores 334-336 San Isidro, Lima 27, Peru Phone : (511) 222-0308, 222-0309, 222-2822 Fax : (511) 222-2684 Email : kbrilima@terra.com.pe Website : www.indonesia-peru.org.pe Indonesian Embassy to Peru and accredited to Bolivia
Bosnia-Herzegovina Varosligeti fasor 26, 1068 Budapest, Hungary Phone : (36-1) 413-3800 to 01 Fax : (36-1) 322-8669 Email : kbri@indonesia.hu Website : www.indonesia.hu Indonesian Embassy to Hungary and accredited to Bosnia-Herzegovina
Brazil SES Avenida Das Nacoes Quadra 805, Lote. 20 CEP-70479-900 Brasilia-DF, Brazil Phone : (55-61) 3443-8800, 3443-1788, 3244-7069, 3244-7614 Fax : (55-61) 3443-6732 Email : kbribrasilia@persocom.com.br Website : www.indonesia-brasil.org.br Embassy
Brazil Rua Sapucai No. 383, 4 Andar-Floresta, CEP-30150-904 Belo Horizonte MG, Brazil Phone : (55-31) 3279-4473 Fax : (55-31) 3279-4476 Email : carlos.figueredo@cvrd.com.br Honorary Consulate Belo Horizonte
Brazil R. Lemos Torres no. 95, Casa Forte, Recife-PE, CEP 52060-310 Pernambuco, Brazil Phone : (55-81) 3268-5163 Fax : (55-81) 3228-4802 Email : indoconsul@hotmail.com Honorary Consulate Recife-Pernambuco
Brazil R. Garcia D’Avilla No. 99, 1 Andar, Ipanema, CEP-22421-010 Rio de Janeiro-RJ, Brazil Phone : (55-21) 2259-8756 Fax : (55-21) 2259-8756 Email : consulado.indonesia@indonesia.org.br Honorary Consulate Rio de Janeiro
Brazil Rua Boa Vista No. 133, 3° andar, conjuncto 3B Centro, CEP-01014-000 Sao Paulo-SP, Brazil Phone : (55-11) 3105-2309 Fax : (55-11) 3104-5398 Email : paulocamiz@talset-el.com.br Honorary Consulate Sao Paulo
Brunei Darussalam Lot. 4498, Simpang 528, Kampung Sungai Hanching Baru, Jalan Muara Bandar Seri Begawan BC 2115, Negara Brunei Darussalam (P.O.BOX 3013 BSB) Phone : (673) 233-0180 Fax : (673) 233-0646 Email : kbribsb@brunet.bn Website : www.indonesia.org.bn Embassy
Bulgaria 5, Yozef Valdhard Str.(53, Simenovsko Shosse, Residence No. 4), 1700 Sofia, Bulgaria Phone : (359-2) 962-5240, 962-6170, 683-220 Fax : (359-2) 962-4418, 962-5842 Email : indosof@geobiz.net, kbrisofia@geobiz.net Website : www.indonesia.bg Embassy
Burkina Faso 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O. BOX 3473, Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Burkina Faso
Burundi 299 Ali Hassan Mwinyi Road, Dar Es Salaam, United Republic of Tanzania (P.O.BOX 572) Phone : (25-22) 211-9119, 211-8133, 213-4375 Fax : (25-22) 211-5850, 211-5849 Email : kbridsm@raha.com Website : www.kbritanzania.com Indonesian Embassy to Tanzania and accredited to Burundi
Cambodia No. 1, Street 466 Corner Norodom Boulevard 90, Sangkat Tonle Bassac, Khan Chamkarmon (PO. Box 894), Phnom Penh, Kingdom of Cambodia Phone : (855-23) 217-934, 216-148 Fax : (855-23) 217-566 Email : kukppenh@bigpond.com.kh Website : www.indonesia-phnompenh.org Embassy
Cameroon 5, Anifowoshe Street, Victoria Island, Abuja / Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601 Fax : (234-1) 261-3301 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Cameroon
Canada 55 Park Dale Avenue, Ottawa, Ontario K1Y E5, Canada Phone : (1-613) 724-1100 Fax : (1-613) 724-1105 Email : ottawa@indonesia-ottawa.org Website : www.indonesia-ottawa.org Embassy & ICAO
Canada 129 Jarvis Street, Toronto, Ontario M5C 2H6, Canada Phone : (1-416) 360-4020 Fax : (1-416) 360-4295 Email : admin@indonesiatoronto.org Website : www.indonesiatoronto.org Consulate General Toronto
Canada 1630 Alberni Street, Vancouver, B.C., Canada V6G 1A6 Phone : (1-604) 682-8855 Fax : (1-604) 662-8396 Email : congen@indonesiavancouver.org Website : www.indonesiavancouver.org Consulate General Vancouver
Cape Verde 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O. BOX 3473, Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Cape Verde
Chile Av. Nueva Costanera 3318, Vitacura, (PO Box. 20-D), Santiago, Chile Phone : (56-2) 207-6266 Fax : (56-2) 207-9901 Email : kbristgo@mi-mail.cl Embassy
Chile Agustinas 853 Officina 803, Santiago, Chile Phone : (56-2) 639-2133, 633-1255 Fax : (56-2) 639-4321 Honorary Consulate Santiago
China, P.R. Dong Zhi Men Wai Da Jie No.4 Chaoyang District, Beijing 100600, P.R. China Phone : (86-10) 6532-5486, 6532-5488 Fax : (86-10) 6532-5368, 6532-5782 Email : kombei@public3.bta.net.cnWebsite : www.indonesianembassy-china.com Embassy
China, P.R. 127-129 Leighton Road, 6-8 Keswick Street, Causeway Bay Hong Kong, P. R. China Phone : (852) 2890-4421 to 8 Fax : (852) 2895-0139 Email : kjrihkg@netvigator.com Website : www.kjrihkg.org.hk Consulate General Hongkong
China, P.R. Dong Fang Hotel, West Bulding 2/F Rooms 1201 – 1223, 120 Liu Hua Road Guangdong, Guangzhou 510016, P.R. China Phone : (86-20) 8601 8772 – 8601 8790 Fax : (86-20) 8601 9773 – 8601 8722 Consulate General Guangzhou
Colombia Carrera 11. no. 75 – 27/29, Bogota DC, Colombia Phone : (571) 217-2404, 211-9735 Fax : (571) 326-2165 Email : eindones@colomsat.net.co Website : www.indonesiabogota.org.co Embassy
Comoros 299 Ali Hassan Mwinyi Road, Dar Es Salaam, United Republic of Tanzania (P.O.BOX 572) Phone : (25-22) 211-9119, 211-8133, 213-4375 Fax : (25-22) 211-5850, 211-5849 Email : kbridsm@raha.com Website : www.kbritanzania.com Indonesian Embassy to Tanzania and accredited to Comoros
Congo, Republik (Brazzaville) 5, Anifowoshe Street, Victoria Island, Abuja / Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601 Fax : (234-1) 261-3301 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Kongo, Republic
Congo, Republic Democratic (Kinshasa) Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (221) 825-7316, 824-0738 Fax : (221) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Kongo, Rep. Democratic
Costa Rica Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Delegacion Miguel Hidalgo, Mexico City 11560, Mexico Phone : (52-55) 5280-5748, 5280-6363, 5280-6863, 5280-3449 Fax : (52-55) 5280-7062 Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Costa Rica
Costa Rica Calle Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Mexico City 11560, Mexico Phone : (525) 280-5748, 280-6363, 280-6863, 280-3449 Fax : (525) 280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Website : www.prodigyweb.net.mx/kelimutu/ Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Kosta Rika
Croatia Varosligeti fasor 26, 1068 Budapest, Hungary Phone : (36-1) 413-3800 to 01 Fax : (36-1) 322-8669 Email : kbri@indonesia.hu Website : www.indonesia.hu Indonesian Embassy to Hungary and accredited to Kroasia
Croatia Vlaska 83/II, 10000 Zagreb , Republic of Croatia Phone : (385-1) 461-1296, 461-0671 Fax : (385-1) 461-1299 Email : zlatko.katavic@zg.t-com.hr Honorary Consulate Zagreb
Cuba 5ta Avenida # 1607 Miramar, La Habana, Cuba Phone : (53-7) 204-9963, 204-9618, 204-0046 Fax : (53-7) 204-9617 Email : indonhav@ceniai.inf.cu Website : www.indohav.cu Embassy
Cyprus Via Campania 53-55, Roma 00187, Italy Phone : (39-06) 420-0911 Fax : (39-06) 488-0280 Email : indorom@uni.net Website : www.indonesianembassy.it Indonesian Embassy to Italia and accredited to Siprus
Cyprus 10, Plato Street – PO Box 27858 – 2433 Engomi Nicosia Cyprus Phone : (357-22) 351878 Fax : (357-22) 357111 Honorary Consulate General Nicosia
Czech Republic Nad Budankami II/7, 150 21 Praha 5, Czech Republic Phone : (420-2) 5721-4388 to 90 Fax : (420-2) 5721-2105 Email : informace@indonesian-embassy.cz Website : www.indoneske-velvyslanectvi.cz Embassy
Denmark Orehoj Alle 1, 2900 Hellerup, Copenhagen, Denmark Phone : (45) 3962-4422 Fax : (45) 3962-4483 Email : unitkomkph@kbricph.dk Website : www.kbricph.dk Embassy
Denmark Sophienlundve J 6, 4300 Holbeak, Denmark Phone : (45-59) 446-700 Honorary Consulate General Copenhagen
Djibouti Mekanissa Road Higher 23, Kebele 13, House No. 1816, (P.O.Box 1004) Addis Ababa, Ethiopia Phone : (251-1) 712-104, 712-185 Fax : (251-1) 710-873 Email : kbriadis@telecom.net.et Website : www.indonesia-addis.org.et Indonesian Embassy to Ethiopia and accredited to Djibouti
Dominica Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, Caracas 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo.com Website : www.indocaracas.com Indonesian Embassy to Venezuela and accredited to Dominica
Ecuador Avenida Las Flores 334-336 San Isidro, Lima 27, Peru Phone : (511) 222-0308, 222-0309, 222-2822 Fax : (511) 222-2684 Email : kbrilima@terra.com.pe Website : www.indonesia-peru.org.pe Indonesian Embassy to Peru and accredited to Ecuador
Ecuador Victor Emilio Estrada #626 y Ficus, Ciudad de la Tedesa, Guayaquil, Ecuador Phone : (59-34) 238-6362 Honorary Consulate Guayaquil
Egypt 13, Aisha El Taimouria Street, Garden City, Cairo, Arab Republic of Egypt Phone : (20-2) 794-7200, 794-7209, 792-5451, 792-5452, 794-7356 Fax : (20-2) 796-2495 Email : pwkcairo@access.com.eg Website : www.indocairo.org Embassy
Eritrea 84, Street 60, Block 12 El Reeyadh, (P.O.BOX 13374) Khartoum, Sudan Phone : (249-11) 225-106 Fax : (249-11) 225-528 Email : kbri_khartoum@sudanmail.com Indonesian Embassy to Sudan and accredited to Eritrea
Estonia Kuusisaarentie 3, 00340 Helsinki, Finlandia Phone : (358-9) 477-0370 Fax : (358-9) 458-2882 Email : info@indonesian-embassy.fi Website : www.indonesian-embassy.fi Indonesian Embassy to Finland and accredited to Estonia
Estonia Komeedi 5 – 7, 10122 Tallin, Estonia Phone : (372-6) 450-788 Fax : (372-6) 450-788 Honorary Consulate Tallin
Ethiopia Mekanissa Road Higher 23, Kebele 13, House No. 1816, Addis Ababa, Ethiopia (P.O.BOX 1004 ADDIS ABABA) Phone : (251-1) 712-104, 712-185 Fax : (251-1) 710-873 Email : kbriadis@telecom.net.et Website : www.indonesia-addis.org.et/ Embassy
Fiji 6th Floor Ra Marama Building, 91 Gordon Street, Suva, Fiji Islands (P.O.BOX 878 Suva) Phone : (679) 331-6697 Fax : (679) 331-6696 Email : kbrisuva@connect.com Embassy
Finland Kuusisaarentie 3, 00340 Helsinki, Finland Phone : (358-9) 477-0370 Fax : (358-9) 458-2882 Email : info@indonesian-embassy.fi Website : www.indonesian-embassy.fi Embassy
Finland Saarihuhdantie 5, 00340 Helsinki, Finland Phone : (358-9) 682-1537 Fax : (358-9) 682-1006 Honorary Consulate Helsinki
France 47-49 rue Cortambert, 75116 Paris, France Phone : (33-1) 4503-0760 Fax : (33-1) 4504-5032, 4072-7063 Email : komparis@online.fr Website : www.amb-indonesie.fr Embassy
France 25 Boulevard Carmagnole, 13008 Marseille, France Phone : (33-491) 230-160 Fax : (33-491) 714-032 Email : kjri-mar@indonesia-mrs.com Website : www.indonesia-mrs.com Consulate General Marseille
Gabon Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (22-1) 825-7316, 824-0738 Fax : (22-1) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Gabon
Gambia Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (22-1) 825-7316, 824-0738 Fax : (22-1) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Gambia
Georgia Ul Nagornaya 27B, Kyiv 04107, Ukraine Phone : (380-44) 206-5446, 206-5447, 206-5448, 211-7633 Fax : (380-44) 206-5440 Email : kbri@indo.ru.kiev.ua Website : www.kbri.kiev.ua Indonesian Embassy to Ukraine and accredited to Georgia
Germany Lehrter Strasse 16-17, 10557 Berlin, Germany Phone : (49-30) 478-070 Fax : (49-30) 4473-7142 Email : kbriberlin@t-online.de Website : www.kbri-berlin.de Embassy
Germany Zeppelin Alle 23, Frankfurt am Main 60325, Germany Phone : (49-69) 247-0980 Fax : (49-69) 2470-9840 Email : kjriffm@kjriffm.de Website : www.indonesia-frankfurt.de Consulate General Frankfurt
Germany Bebelalle 15, Hamburg 22299, Germany Phone : (49-40) 512-071 to 3 Fax : (49-40) 511-7531 Email : KJRI.Hamburg@t-online.de Website : www.kjrihamburg.de Consulate General Hamburg
Germany Zum Alten Speicher 11, 28759 Bremen, Germany Phone : (49-421) 660-4400, 660-4322 Fax : (49-421) 660-4300 Honorary Consulate Bremen
Germany Flinger Richman 60, 40235 Düesseldorf, Germany Phone : (49-211) 9090-6333 Fax : (49-211) 9090-6330 Honorary Consulate Düesseldorf
Germany Friedrichswall 10, 30159 Hannover, Germany Phone : (49-511) 361-2150 Fax : (49-511) 361-8668 Honorary Consulate Hannover
Germany Brauner Berg 15, 24159 Kiel, Germany Phone : (49-431) 394-021 Fax : (49-431) 394-025 Honorary Consulate Kiel
Germany Widenmayer Strasse 24, München 80538, Germany Phone : (49-89) 294-609 Fax : (49-89) 294-609 Honorary Consulate Munchen
Germany Medien Centrum Augusta Platz 8, 76530 Baden-Baden, Germany Phone : (49-7221) 366-666 Fax : (49-7221) 38-822 Email : office-kogel@media-control.de Honorary Consulate Baden-Baden
Ghana 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O. BOX 3473, Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Ghana
Greece 99, Marathonodromon Street, 154 52, Paleo Psychico, Athens, Greece Phone : (30-210) 677-4692, 674-2345, 674-6418 Fax : (30-210) 675-6955 Email : indathgr@hol.gr Website : www.indonesia.gr Embassy
Greece Arte Complex, 12 KM Thessaloniki-Polygyros, Athens, Greece Phone : (30-2310) 461-249, 465-820 Fax : (30-2310) 461-367 Honorary Consulate Thessaloniki
Grenada Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, Caracas 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo.com Website : www.indocaracas.com Indonesian Embassy to Venezuela and accredited to Grenada
Guatemala Calle Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Mexico City 11560, Mexico Phone : (525) 280-5748, 280-6363, 280-6863, 280-3449 Fax : (525) 280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Website : www.prodigyweb.net.mx/kelimutu/ Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Guatemala
Guatemala 12 Calle 2-04 zona 9, Plaza del Sol of 206, Guatemala City, Guatemala Phone : (502) 2360-4955, 2360-4965 Fax : (502) 2331-2719 Email : indonesia@intelnet.net.gt Honorary Consulate Guatemala City
Country Contact Information Remark
Guinea Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (22-1) 825-7316, 824-0738 Fax : (22-1) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Guinea
Guinea-Bissau Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (22-1) 825-7316, 824-0738 Fax : (22-1) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Guinea-Bissau
Guyana Van Brussellaan #3, Uitvlugt, Paramaribo, Suriname Phone : (597) 431-230, 413-171, 439-577 Fax : (597) 498-234 Email : indonemb@sr.net Indonesian Embassy to Suriname and accredited to Guyana
Guyana c/o The Consultative Association of Guyanese Industry, Ltd. 157, Waterloostreet, George Town, Guyana Phone : (592) 226-4603, 225-7170, 225-4885 Fax : (592) 227-0725 Honorary Consulate George Town
Honduras Calle Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Mexico City 11560, Mexico Phone : (525) 280-5748, 280-6363, 280-6863, 280-3449 Fax : (525) 280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Website : www.prodigyweb.net.mx/kelimutu/ Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Honduras
Hungary Varosligeti fasor 26, 1068 Budapest, Hungary Phone : (36-1) 413-3800 to 01 Fax : (36-1) 322-8669 Email : kbri@indonesia.hu Website : www.indonesia.hu Embassy
Iceland Fritzners Gate 12, 0244 Oslo, Norway Phone : (47) 2212-5130 Fax : (47) 2212-5131 Email : kbrioslo@online.no Website : www.indonesia-oslo.no Indonesian Embassy to Norway and accredited to Iceland
Iceland Nordurljos Lynghals 5, P.O. Box 10110, 130 Reykjavik – Iceland Phone : (354) 515-6000 Fax : (354) 515-6860 Honorary Consulate Reykjavik
India 50-A, Kautilya Marg, Chanakyapuri, New Delhi- 110021, India Phone : (91-11) 2611-8642 to 46 Fax : (91-11) 2687-4402, 2688-6763 Email : iembassy@giasdl01.vsnl.net.in Website : www.indonesiaanembassy.org.in Embassy
India 19, Altamount Road, Cumballa Hill, Mumbai 400 026, India Phone : (91-22) 2351-1678, 2353-0940, 2353-0900 Fax : (91-22) 2351-0941, 2351-5862 Email : kjrimumb@bom3.vsnl.net.in Website : www.kjrimumbai.net Consulate General Mumbai
India 157, Jodhpur Park, Kolkata 700068, India Phone : (91-33) 2414-8681 Fax : (91-33) 2473-2157 Email : trivedi_mahesh@rediffmail.com Honorary Consulate Kolkata
India 5, North Leith Castle Road, Santhome, Madras (Chennai) 600028, India Phone : (91-44) 234-1095 Fax : (91-44) 234-2582 Honorary Consulate Madras
Iran 210, Ghaemmagham Farahani Ave. (P.O.BOX 11365/4564), Tehran, Iran Phone : (98-21) 8871-6865, 8871-7251, 8855-3655 Fax : (98-21) 8871-8822 Email : kbritehran@parsonline.net Website : www.indonesian-embassy.ir Embassy
Ireland 38, Grosvenor Square, London W1K 2HW, United Kingdom Phone : (44-20) 7499-7661, 7290-9600 Fax : (44-20) 7491-4993 Email : kbri@btconnect.com Website : www.indonesianembassy.org.uk Indonesian Embassy to UK and accredited to Ireland
Ireland 25 Kilvere, Rathfarnham, Dublin – 14, Ireland Phone : (353-852) 491-465 Fax : (353-1) 406-1364 Email : indonesianconsul@ireland.com Honorary Consulate Dublin
Italy Via Campania 53-55, Roma 00187, Italy Phone : (39-06) 420-0911 Fax : (39-06) 488-0280 Email : indorom@uni.net Website : www.indonesianembassy.it Indonesian Embassy to Italy and FAO, IFAD, WFP
Italy Via Cognetti 31 – 70121 Bari, Italy Phone : (39-080) 523-7108 Fax : (39-080) 573-0652 Email : giuseppe.panaro@tin.it Honorary Consulate Bari
Italy Via Roma 8, 16121 Genova, Italy Phone : (39-010) 640-4375 Fax : (39-010) 640-4488 Email : giampaolo.pitto@tin.it Honorary Consulate Genova
Italy Piazza Risorgimento, 8 – 20129 – Milano Phone : (39-02) 7002 3203 Fax : (39-02) 7104 0530 Email : console@consolatoindonesia.com Honorary Consulate Milano
Italy Via Cervantes 55/27, 80133 Napoli, Italy Phone : (39-081) 551-9694 Fax : (39-081) 551-8529 Email : consoleindonesia.napoli@cimair.it Honorary Consulate Adelaide
Italy Piazza San Giovanni 6, 34122, Trieste, Italy Phone : (39-040) 361-266 Fax : (39-040) 766-300 Honorary Consulate Trieste
Ivory Coast/Côte d’Ivoire Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (221) 825-7316, 824-0738 Fax : (221) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Pantai Gading
Jamaika 5ta Avenida # 1607 Miramar, La Habana, Cuba Phone : (53-7) 204-9963, 204-9618, 204-0046 Fax : (53-7) 204-9617 Email : indonhav@ceniai.inf.cu Website : www.indohav.cu Indonesian Embassy to Cuba and accredited to Jamaika
Japan 5-2-9 Highashi-Gotanda, Shinagawa-ku, Tokyo 141-0022, Japan Phone : (81-3) 3441-4201 Fax : (81-3) 3447-1697 Email : indonembsatu@hpo.net Website : www.indonesian-embassy.or.jp Embassy
Japan Resona Semba Building 6th Floor, 4-4-21 Minami Semba Chuo-ku, Osaka 542-0081, Japan Phone : (81-6) 6252-9826 Fax : (81-6) 6252-9872 Email : kjri-osaka@indonesia-osaka.org Website : www.indonesia-osaka.org Consulate Geneeral Osaka
Japan 1-23-35 Nanokawa Chome, Minami-ku, Fukuoka-Shi 815-0081, Fukuoka, Japan Phone : (81-92) 523-1691 Fax : (81-92) 524-3269 Email : eura@kyudenko.co.jp Honorary Consulate Fukuoka
Japan 3-1, Nishi 7 Chome, Odori, Chuo-ku, Sapporo-Shi, Hokaido 060-8530, Japan Phone : (81-11) 231-9511 Fax : (81-11) 207-2103 Email : prs@hokkaido-gas.co.jp Honorary Consulate Sapporo
Jordan 6th Circle, South Um-Uthaina, 44 Feisal bin Abdul Aziz Street, (P.O.BOX 811784 ), Amman 11181, Jordan Phone : (962-6) 552-8912, 552-1648, 551-3232 Fax : (962-6) 552-8380 Email : amman96@go.com.jo Website : www.geocities.com/kbri_amman Embassy
Kazakhstan 73, Yahyo Gulomov Street, Tashkent 700000, Uzbekistan Phone : (998-71) 132-0236 to 38 Fax : (998-71) 120-6540, 133-0513 Email : tashkent@indonesia.embassy.uz Website : www.indonesia.embassy.uz Indonesian Embassy to Uzbekistan and accredited to Kazakhstan
Kenya Menengai Road, Upper Hill, (P.O.BOX 48868-00100) Nairobi, Kenya Phone : (254-20) 271-4196 to 98 Fax : (254-20) 271-3475 Email : indonbi@indonesia.or.ke Website : www.indonesia.or.ke Embassy & Indonesian Mission to UNEP & UN-Habitat
Korea, North 5, Foreigner’s Building Munsudong Taedonggang Distric, Pyong Yang, Democratic People’s Republic of Korea (P.O.BOX 178 PYONG YANG) Phone : (850-2) 381-7425 Fax : (850-2) 381-7620 Email : kompyg2@public2.bta.net.cn Embassy
Korea, South 55, Youido-dong, Youngdeungpo-ku, Seoul, Republic of Korea Phone : (82-2) 783-5675/77, 783-5371/72 Fax : (82-2) 780-4280 Email : pensosbud@indonesiaseoul.org Website : www.indonesiaseoul.org Embassy
Kuwait Kaifan Block 6, Al Andalus Street House No. 29, PO Box 21560, 13076 Safat, Kuwait Phone : (965) 483-9927, 483-9953 Fax : (965) 481-9250 Email : unitkom@kbrikuwait.org Website : www.kbrikuwait.org Embassy
Kyrgyzstan 73, Yahyo Gulomov Street, Tashkent 700000, Uzbekistan Phone : (998-71) 132-0236 to 38 Fax : (998-71) 120-6540, 133-0513 Email : tashkent@indonesia.embassy.uz Website : www.indonesia.embassy.uz Indonesian Embassy to Uzbekistan and accredited to Kyrgyzstan
Laos Phone Kheng Road, Vientiane, Laos (Lao P.D.R.) (P.O.BOX 277) Phone : (856-21) 413-909, 413-910, 416-264 Fax : (856-21) 214-828 Email : kbrivte@laotel.com Embassy
Latvia Sysslomansgatan 18/1 (P.O.BOX 12520) 112 41 Stockholm, Sweden Phone : (46-8) 5455-5880 Fax : (46-8) 650-8750 Email : kbri@indonesiskaambassaden.se Website : www.indonesiskaambassaden.se Indonesian Embassy to Sweden and accredited to Latvia
Lebanon Presidential Palace Avenue, Rue 68 Sector 3, No. 3237 (P.O.BOX 4007) Baabda, Lebanon Phone : (961-5) 924-682, 924-683, 924-676 Fax : (961-5) 924-678 Email : indobey@cyberia.net.lb Website : www.kbri-beirut.org Embassy
Lebanon Boulevard Street, Khlat Building, Tripoli, Lebanon Phone : (961-6) 433-913 Honorary Consulate Tripoli
Lesotho 949 Schoeman Street, Arcadia Hatfield 0028 Pretoria, Republic of South Africa (P.O.BOX 13155 PRETORIA) Phone : (27-12) 342-3350 to 4 Fax : (27-12) 342-3369 Email : indonemb@intekom.co.za Indonesian Embassy to South Africa and accredited to Lesotho
Liberia 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O.BOX 3473, Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Liberia
Libya Hay Al Karamah, Qobri Taariq Al Sari’, Amaama Al Saraaj, (P.O.BOX 5921) Tripoli, Libya Phone : (218-21) 484-2067, 484-2843, 484-2844 Fax : (218-21) 484-2069, 484-2075 Email : tripoli.kbri@deplu.go.id Embassy
Liechtenstein Elfenauweg 51, Bern 3006, Switzerland (P.O.BOX 270, 3000 Bern) Phone : (41-31) 352-0983/84 Fax : (41-31) 351-6765 Email : kbribern@bgb.ch, kbri@indonesia-bern.org Website : www.indonesia-bern.org Indonesian Embassy to Switzerland and accredited to Liechtenstein
Lithuania Orehoj Alle 1, 2900 Hellerup, Copenhagen, Denmark Phone : (45) 3962-4422 Fax : (45) 3962-4483 Email : unitkomkph@kbricph.dk Website : www.kbricph.dk Indonesian Embassy to Denmark and accredited to Lithuania
Luxembourg 294 Avenue de Tervueren, Brussels 1150, Belgium Phone : (32-2) 771-2014, 771-1778, 771-2666, 771-3347 Fax : ( 32-2) 771-2291, 772-6350 Email : kbribxl@brutele.be, kukbxl@brutele.be Website : homeusers.brutele.be/kbribxl/ Indonesian Embassy to Belgium and accredited to Luxembourg
Luxembourg Rue J.F. Kennedy L-7327, Steinsel, Grand Duche Luxembourg Phone : (352) 331-722 Fax : (352) 331-725 Honorary Consulate Luxembourg
Macedonia Varosligeti fasor 26, 1068 Budapest, Hungary Phone : (36-1) 413-3800 Fax : (36-1) 322-8669 Email : kbri@indonesia.hu Website : www.indonesia.hu Indonesian Embassy to Hungary and accredited to Macedonia (FYROM)
Madagascar 26-28 Rue Patrice Lumumba, Tsaralalana, 101 Antananarivo, Madagascar Phone : (261-20) 222-4915, 222-4825 Fax : (261-20) 223-2857 Email : kbritana@wanadoo.mg Embassy
Malawi 3, Duthie Avenue, Belgravia, Harare, Zimbabwe (P.O.BOX CY 69 Causeway) Phone : (263-4) 251-799, 250-072 Fax : (263-4) 796-587, 732-273 Email : kbri@ecoweb.co.zw Website : www.indonesia.org.zw Indonesian Embassy to Zimbabwe and accredited to Malawi
Malaysia 233, Jalan Tun Razak, Kualalumpur 504000, Malaysia Phone : (603) 21164000 Fax : (603) 2141-7908, 2142-3878 Email : kbrikl@po.jaring.my Website : www.kbrikl.org.my Embassy
Malaysia 723, Jl. Ayer Molek, Johor Bahru 80000, Malaysia Phone : (60-7) 221-2000, 222-3396, 222-9301 Fax : (60-7) 224-8309, 2223397 Email : kjrijb@tm.net.my Consulate General Johor Bahru
Malaysia 467, Jalan Burma, Pulau Pinang 10350, Malaysia (P.O.BOX 502) Phone : (604) 226-7412, 227-4686 Fax : (604) 227-5887, 227-1370 Email : info@kjripenang.or.my Website : www.kjripenang.org.my Consulate General Penang
Malaysia Lorong Kemajuan, Karamunsing, Kota Kinabalu, Sabah 88817, Malaysia (P.O.BOX 11595) Phone : (60-88) 218-600, 218-258, 218-518, 219-110 Fax : (60-88) 215-170 Email : indocon@indocon.po.my Consulate General Kinabalu, Sabah
Malaysia Lantai 6, bangunan Binamas No. 1, Jalan Pandungan 93100 Kuching, Sarawak, Malaysia Phone : (60-82) 241734, 421734 Fax : (60-82) 424370 Consulate General Kuching, Serawak
Maldives 400/50 Sarana Road, Off Budhaloka Mawatha, Colombo 7, Sri Lanka Phone : (94-1) 674-337, 685-042 Fax : (94-1) 678-668 Email : indocola@sri.lanka.net Indonesian Embassy to Sri Lanka and accredited to Maladewa
Mali Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (22-1) 825-7316, 824-0738 Fax : (22-1) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Mali
Malta Via Campania 53-55, Roma 00187, Italy Phone : (39-06) 420-0911 Fax : (39-06) 488-0280 Email : indorom@uni.net Website : www.indonesianembassy.it Indonesian Embassy to Italia and accredited to Malta
Malta 21/22 St. Barbara Bastions, Valletta VLT06 – Malta Phone : (356-21) 251-564 Fax : (356-21) 226- 876 Email : consulate@sullivanmaritime.com.mt Honorary Consulate Valletta
Marshall Island 185 Salcedo Street Legaspi Village, Makati City (P.O.BOX 1671, MCPO, Metro Manila), Philipines Phone : (63-2) 892-5061 to 68 Fax : (63-2) 892-5878, 818-4441 Email : bidpen_mnl@yahoo.com, unitkom@info.com.ph Website : www.kbrimanila.org.ph Indonesian Embassy to Philipines and accredited to Marshall Island
Mauritius Menengai Road, Upper Hill, (P.O.BOX 48868-00100) Nairobi, Kenya Phone : (254-20) 271-4196 to 98 Fax : (254-20) 271-3475 Email : indonbi@indonesia.or.ke Website : www.indonesia.or.ke Indonesian Embassy to Kenya and accredited to Mauritius
Mauritius Nova Industries Ltd. A.G. JOONAS Industrial Estate. 1 Military Road Port Louis, Mauritius (P.O.BOX 48) Phone : (230) 242-5545, 242-6333 Fax : (230) 242-1471 Email : indocons@intnet.mu Honorary Consulate Port Louis
Mexico Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Delegacion Miguel Hidalgo, Mexico City 11560, Mexico Phone : (52-55) 5280-5748, 5280-6363, 5280-6863, 5280-3449 Fax : (52-55) 5280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Embassy
Mexico Avenida Munich No.101, San Nicolas de los Garza, C.P 66452 Nuevo Leon-Montery, Mexico Phone : (528) 328-2800 Fax : (528) 328-2810 Honorary Consulate Nuevo Leon-Montery
Mironesia 5-2-9 Highashi Gotanda, Shinagawa – Ku, Tokyo, Japan (P.O.BOX 11365/4564) Phone : (81-3) 344-14201 Fax : (81-3) 344-71697 Email : indonembsatu@hpo.net Website : www.indonesian-embassy.or.jp Indonesian Embassy to Japan and accredited to Mikronesia
Moldova Strada Gina Patrichi No.10, Sector 1, Bucharest, Romania Phone : (40-21) 312-0742 to 44 Fax : (40-21) 312-0214 Email : indon.bucharest@itcnet.ro Website : www.indonezia.ro Indonesian Embassy to Romania and accredited to Moldova
Mongolia Dong Zhi Men Wai Da Jie No.4 Chaoyang District, Beijing 100600, P.R. China Phone : (86-10) 6532-5486, 6532-5488 Fax : (86-10) 6532-5368, 6532-5782 Email : set.beijing.kbri@deplu.go.id Website : www.indonesianembassy-china.com Indonesian Embassy to China and accredited to Mongolia
Morocco 63, Rue Beni Boufrah Souissi, (P.O. Box 5076) Rabat, Morocco Phone : (212-37) 757-860, 757-861 Fax : (212-37) 757-859 Email : kbrirabat@menara.ma Website : www.indonesie.ma Embassy
Morocco 174, Route de Ouled Ziane, Casablanca, Morocco Phone : (212-22) 803-983 to 986 Fax : (212-22) 289-359 Email : a.berrada@menara.ma Honorary Consulate Casablanca
Mozambik 3, Duthie Avenue Belgravia, (P.O.BOX CY 69 Causeway), Harare, Republic of Zimbabwe Phone : (263-4) 251-799, 250-072 Fax : (263-4) 796-587 Email : kbri@ecoweb.co.zw, indohar@ecoweb.co.zw Website : www.indonesia-harare.org Indonesian Embassy to Zimbabwe and accredited to Mozambik
Myanmar 100, Pyidaungsu Yeiktha Road, Dagon Township, Yangon, Myanmar Phone : (95-1) 254-465, 254-469 Fax : (95-1) 254-468 Email : bidpen@indonesia.com.mm Website : www.indonesia.com.mm Embassy
Namibia 103, Nelson Mandela Avenue, Windhoek, Namibia (P.O.BOX 20691 Whk) Phone : (264-61) 285-1000 Fax : (264-61) 285-1231 : Email : kbriwindhoek@afro-indonesia.org Website : www.indonesiawindhoek.org Embassy
Nepal Road No. 53 Plot No. 14 Gulshan – 2, Dhaka 1212, Bangladesh Phone : (880-2) 988-1640 to 41, 881-2260 Fax : (880-2) 881-0993, 882-5391 Email : indhaka@bangla.net Website : www.jakarta-dhaka.com Indonesian Embassy to Bangladesh and accredited to Nepal
Netherlands Tobias Asserlaan 8, 2517 KC – Den Haag, Netherlands Phone : (31-70) 310-8100, 310-8177 Fax : (31-70) 364-3331 Email : kbridh@indonesia.nl Website : www.indonesia.nl Embassy
New Zealand 70 Glen Road, Kelburn, (P.O.BOX 3543), Wellington, New Zealand Phone : (64-4) 475-8697 to 99 Fax : (64-4) 475-9374 Email : kbriwell@ihug.co.nz Website : www.indonesianembassy.org.nz Embassy
New Zealand 2nd Floor, Beca Carter Hollings & Femer Ltd, 132 Vincent Street, Auckland, New Zealand (P.O.BOX 6345) Phone : (64-9) 308-0842 Fax : (64-9) 300-9300 Email : imackley@beca.co.nz Honorary Consulate Auckland
Nicaragua Calle Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Mexico City 11560, Mexico Phone : (525) 280-5748, 280-6363, 280-6863, 280-3449 Fax : (525) 280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Website : www.prodigyweb.net.mx/kelimutu/ Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Nicaragua
Nicaragua Pepsi Cola Building, Km. 7.5 Carretera Norte, Managua, Nicaragua Phone : (505) 263-1309 Fax : (505) 263-1320, 263-1319 Email : mcaldera@pepsicentroamerica.com Honorary Consulate Managua
Nigeria 5, Anifowoshe Street, Victoria Island, Abuja / Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601 Fax : (234-1) 261-3301 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Embassy
Norway Fritzners Gate 12, 0244, Oslo, Norway Phone : (47) 2212-5130 Fax : (47) 2212-5131 Email : kbrioslo@online.no Website : www.indonesia-oslo.no Embassy
Nouvelle Calledonie (New Caledonia) 2, Rue Lamartine – Orphelinat, Noumea Cedex 98845, Nouvelle Calledonie (P.O.BOX 26 NOUMEA) Phone : (687) 232880, 232881 Fax : (687) 278-435 Email : kjrinoum@offratel.nc Consulate Geneeral Noumea
Oman Riyadh Diplomatic Quarter (P.O.BOX 94343, Riyadh 11693), Kingdom of Saudi Arabia Phone : (966-1) 488-2800 Fax : (966-1) 488-2966 Email : contact@kbri-riyadh.org.sa Website : www.kbri-riyadh.org.sa Indonesian Embassy to Saudi Arabia and accredited to Oman
Pakistan Diplomatic Enclave I Street 5, Ramna G-5/4, Islamabad 44000, Pakistan (P.O.BOX 1019) Phone : (92-51) 283-2017 to 20, 288-0067 to 68 Fax : (92-51) 283-1010, 283-2013 Email : unitkom@kbri-islamabad.go.id Website : www.kbri-islamabad.go.id Embassy
Pakistan E/1-5 Sharah – E-Iran, Clifton, Karachi 75600, Pakistan Phone : (92-21) 587-4619, 587-4623, 587-4367 Fax : (92- 21) 587-4483 Email : kjrikhi@super.net.pk Consulate Geneeral Karachi
Pakistan Gardee Building. Napier Road, Lahore 54000, Pakistan Phone : (92-42) 723-8484 Fax : (92-42) 722-0175 Email : indonesian-hcg@lcci.org.pk Honorary Consulate Lahore
Palestine 6th Circle, South Um-Uthaina, 44 Feisal bin Abdul Aziz Street, (P.O.BOX 811784 ), Amman 11181, Jordan Phone : (962-6) 552-8912, 552-1648, 551-3232 Fax : (962-6) 552-8380 Email : amman96@go.com.jo Website : www.geocities.com/kbri_amman Indonesian Embassy to Jordan and accredited to Palestine
Country Contact Information Remark
Panama Calle Julio Verne No. 27, Colonial Polanco, Mexico City 11560, Mexico Phone : (525) 280-5748, 280-6363, 280-6863, 280-3449 Fax : (525) 280-7062 Email : kbrimex@prodigy.net.mx Website : www.prodigyweb.net.mx/kelimutu/ Indonesian Embassy to Mexico and accredited to Panama
Panama Calle 50 Edifico Credit Corp. Piso – 302, Panama Phone : (507) 210-0041 Fax : (507) 210-0042 Honorary Consulate Panama City
Papua New Guinea Lot 1&2, Section 410, Kiroki Street, Gordons 5, NCD, Port Moresby, Papua New Guinea (P.O.BOX 7165 Boroko, NCD) Phone : (675) 325-3116, 325-3544, 325-3435 Fax : (675) 325-0535 Email : kbripom@daltron.com.pg Website : www.kbripng.gov.pg Embassy
Papua New Guinea Vanimo, Sandaun Province, Papua New Guinea (P.O.BOX 39 VANIMO) Phone : (675) 857-1371, 857-1372 Fax : (675) 857-1373 Email : vanimo.kri@deplu.go.id Consulate Vanimo
Paraguay Mariscal Ramon Castila 2901, 1425 – Capital Federal Buenos Aires, Argentina Phone : (54-11) 4807-2211, 4807-2956 Fax : (54-11) 4802-4448 Email : emindo@tournet.com.ar Website : www.indonesianembassy.org.ar Indonesian Embassy to Argentina and accredited to Paraguay
Paraguay Barrio Villamora, Gonzalo Bulnes 790 e / Lilio y Espana, Asuncion, Paraguay Phone : (595-21) 600-628, 609-628 Fax : (595-21) 554-447 Email : consuladodeindonesia@acerosasuncion.com.py Honorary Consulate Asuncion
Peru Avenida Las Flores 334-336 San Isidro, Lima 27, Peru Phone : (511) 222-0308, 222-0309, 222-2822 Fax : (511) 222-2684 Email : kbrilima@terra.com.pe Website : www.indonesia-peru.org.pe Embassy
Philipines 185 Salcedo Street Legaspi Village, Makati City (P.O.BOX 1671, MCPO, Metro Manila), Philipines Phone : (63-2) 892-5061 to 68 Fax : (63-2) 892-5878, 818-4441 Email : bidpen_mnl@yahoo.com, unitkom@info.com.ph Website : www.kbrimanila.org.ph Embassy
Philipines Phase IV, Ecoland Drive, Matina, 8000 Davao City, Philippines (P.O.BOX 81038 DAVAO CITY) Phone : (63-82) 299-2930 Fax : (63-82) 297-3462 Email : kjri-dvo@mozcom.com Website : www.indonesia.org.ph Consulate General Davao City
Poland ul. Estonska 3/5, 03-903 Warsawa, Poland Phone : (48-22) 617-5179, 617-5108 Fax : (48-22) 617-8451 Email : info@indonesianembassy.pl Website : www.indonesianembassy.pl Embassy
Portugal Rua Miguel Lupi 12, 1st Floor, 1249-080 Lisboa, Portugal Phone : (351-21) 393-2070 Fax : (351-21) 393-2079 Email : info@indonesianembassy-lisbon.org Website : www.indonesianembassy-lisbon.org Embassy
Qatar Al-Maahed Street, Al Salata Al Jadeeda, (P.O.BOX 22375), Doha, State of Qatar Phone : (974) 465-7945, 466-4981 Fax : (974) 465-7610 Email : inemb@qatar.net.qa Website : www.kbridoha.com Embassy
Romania Strada Gina Patrichi No.10, Sector 1, Bucharest, Romania Phone : (40-21) 312-0742 to 44 Fax : (40-21) 312-0214 Email : indobuch@indonezia.ro Website : www.indonezia.ro Embassy
Russian Federation Novokuznetskaya Ulitsa No. 12, Moscow, Russian Federation Phone : (7-495) 951-9549 to 51 Fax : (7-495) 230-6431 Email : kbrimos@online.ru Website : www.kbrimoskow.org Embassy
Russian Federation Kamennoostrovsky Pereulok 15, St. Petersburg, Russia 197101 Phone : (7-812) 237-0883 Fax : (7-812) 237-0883 Honorary Consulate St. Petersburg
Rwanda 299 Ali Hassan Mwinyi Road, (P.O.BOX 572) Dar Es Salaam, Tanzania Phone : (255-22) 211-9119, 211-8133, 213-4375 Fax : (25-22) 211-5849 / 50 Email : indonkbri@cats-nets.com, kbridsm@raha.com Website : www.kbritanzania.com Indonesian Embassy to Tanzania and accredited to Rwanda
Saint Lucia Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, CARACAS 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo1.com Website : www.indocaracas.com Indonesian Embassy to Venezuela and accredited to Saint Lucia
Saint Vincent and Grenadines Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, CARACAS 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo1.com Website : www.indocaracas.com Indonesian Embassy to Venezuela and accredited to Saint Vincent and Grenadines
Samoa 70 Glen Road, Kelburn, (P.O.BOX 3543), Wellington, New Zealand Phone : (64-4) 475-8697 to 99 Fax : (64-4) 475-9374 Email : kbriwell@ihug.co.nz Website : http://www.indonesianembassy.org.nz/ Indonesian Embassy to New Zealand and accredited to Samoa
Saudi Arabia Riyadh Diplomatic Quarter (P.O.BOX 94343, Riyadh 11693), Kingdom of Saudi Arabia Phone : (966-1) 488-2800 Fax : (966-1) 488-2966 Email : contact@kbri-riyadh.org.sa Website : www.kbri-riyadh.org Embassy
Saudi Arabia Al-Mualifin Street, Al-Rehab District/5, (P.O. BOX 10 Jeddah 21411), Kingdom of Saudi Arabia Phone : (966-2) 671-1271 Fax : (966-2) 673-0205 Email : komjed@awalnet.net.sa Website : www.kjrijeddah.org.sa Consulate General Jeddah
Senegal Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (221) 825-7316, 824-0738 Fax : (221) 825-5896 Email : kbri@indonesia-senegal.org Website : www.indonesia-senegal.org Embassy
Serbia Bulevar Mira 18, 11040 Beograd, Serbia Phone : (381-11) 367 4062 Fax : (381-11) 367 2984 Embassy
Seychelles Menengai Road, Upper Hill, (P.O.BOX 48868-00100) Nairobi, Kenya Phone : (254-20) 271-4196 to 98 Fax : (254-20) 271-3475 Email : indonbi@indonesia.or.ke Website : www.indonesia.or.ke Indonesian Embassy to Kenya and accredited to Seychelles
Seychelles 4, Oceangate House, 1st Floor, (P.O.Box 31), Victoria, Mahe, Seychelles Phone : (24-8) 244-835 Fax : (24-8) 225-156 Honorary Consulate Victoria
Sierra Leone Avenue Cheikh Anta Diop, BP. 5859, Dakar, Senegal Phone : (221) 825-7316, 824-0738 Fax : (221) 825-5896 Email : kbri@sentoo.sn Website : www.indonesia-senegal.org Indonesian Embassy to Senegal and accredited to Sierra Leone
Singapore 7 Chatsworth Road, Singapore 249761 Phone : (65) 6737-7422 Fax : (65) 6737-5037, 6235-5783 Email : info@kbrisingapura.com Website : www.kbrisingapura.com Embassy
Slovak Republic Murdronova 51, 81103 Bratislava, Slovak Republic Phone : (421-2) 5441-9886, 5463-0165 to 66 Fax : (421-2) 5441-9890 Email : bratislava@indonesia.sk Website : www.indonesia.sk Embassy
Slovenia Gustav Tschermakgasse 5-7, A-1180 Wien, Austria Phone : (43-1) 47-623 Fax : (43-1) 479-0557 Email : info@kbriwina.at Website : www.kbriwina.at Indonesian Embassy to Austria and accredited to Slovenia
Slovenia Presernova 11, Ljubljana 100, Slovenia Phone : (386-61) 200-5177 Fax : (386-61) 200-5171 Honorary Consulate Ljubljana
Solomon Island Lot 1&2, Section 410, Kiroki Street, Gordons 5, NCD, Port Moresby, Papua New Guinea (P.O.BOX 7165 Boroko, NCD) Phone : (675) 325-3116, 325-3544, 325-3435 Fax : (675) 325-0535 Email : kbripom@daltron.com.pg Indonesian Embassy to Papua New Guinea and accredited to Solomon Island
Somalia Mekanissa Road Higher 23, Kebele 13, House No. 1816, (P.O.Box 1004) Addis Ababa, Ethiopia Phone : (251-1) 712-104, 712-185 Fax : (251-1) 710-873 Email : kbriadis@telecom.net.et Website : www.indonesia-addis.org.et Indonesian Embassy to Ethiopia and accredited to Somalia
South Africa 949 Schoeman Street, Arcadia, Pretoria, (P.O.BOX 13155 Hatfield 0028), Republic of South Africa Phone : (27-12) 342-3350 to 2 Fax : (27-12) 342-3369 Email : indonemb@intekom.co.za Website : www.indonesia-pretoria.org.za Embassy
South Africa 212 Buitengracht Street, (P.O.BOX 10129, Caledon Square 7905), Cape Town 8001, Republic of South Africa Phone : (27-21) 423-2321 Fax : (27-21) 423-3205 Email : postmaster@indonesia-capetown.org.za Website : www.indonesia-capetown.org.za Consulate General Cape Town
Spain Calle de Agastia No. 65, 28043 Madrid , Spain Phone : (34-91) 413-0294, 413-0394, 413-0594, 413-0747 Fax : (34-91) 413-8994 Email : kbri@embajadadeindonesia.es Website : www.embajadadeindonesia.es Embassy
Spain Calle de Pau Claris No. 173 – 2° – 2ª, 08037 Barcelona, Spain Phone : (34-93) 487-6884 Fax : (34-93) 216-0403 Honorary Consulate General Barcelona
Spain Calle Joaquin Costa No. 52 – 1º, 35007 Las Palmas de Gran Canaria, Spain Phone : (34-92) 826-3565 Fax : (34-92) 847-2196 Honorary Consulate General Las Palmas de Gran Canaria
Sri Lanka 400/50 Sarana Road, Off Budhaloka Mawatha, Colombo 7, Sri Lanka Phone : (94-11) 267 43 37 Fax : (94-11) 267 86 68 Email : indocola@sri.lanka.net Embassy
Sudan 84, Street 60, Block 12 El Reeyadh, Khartoum, Sudan (P.O.BOX 13374 KHARTOUM) Phone : (249-11) 225-106 Fax : (249-11) 225-528 Email : kbri_khartoum@sudanmail.com Embassy
Suriname Van Brussellaan #3, Uitvlugt, Paramaribo, Suriname Phone : (597) 431-230, 413-171, 439-577 Fax : (597) 498-234 Email : indonemb@sr.net Embassy
Swaziland 3, Duthie Avenue Belgravia, (P.O.BOX CY 69 Causeway), Harare, Republic of Zimbabwe Phone : (263-4) 251-799, 250-072 Fax : (263-4) 796-587 Email : kbri@ecoweb.co.zw, indohar@ecoweb.co.zw Website : www.indonesia.org.zw Indonesian Embassy to Zimbabwe and accredited to Swaziland
Swaziland Union Suppliers, (PO. Box 196), H 100 Mbabane, Swaziland Phone : (268) 404-4076 Fax : (268) 404-4076 Email : unionsuppliers@swazi.net Honorary Consulate Mbabane
Sweden Sysslomansgatan 18/1 (P.O.BOX 12520) 112 41 Stockholm, Sweden Phone : (46-8) 5455-5880 Fax : (46-8) 650-8750 Email : kbri@indonesiskaambassaden.se Website : www.indonesiskaambassaden.se Embassy
Switzerland Elfenauweg 51, 3006 Bern, Switzerland (P.O.BOX 270, 3000 Bern) Phone : (41-31) 352-0983/84 Fax : (41-31) 351-6765 Email : kbribern@bgb.ch, kbri@indonesia-bern.org Website : www.indonesia-bern.org Embassy
Switzerland 16 Rue de Saint-Jeans, 1203 Geneva, Switzerland Phone : (41-22) 338-3350 Fax : (41-22) 345-5733, 940-1056 Email : mission.indonesia@ties.itu.int Website : www.mission-indonesia.org Permanent Mission to United Nations & International Organization
Syria Mezzech, Eastern Villas, al-Madina al-Munawar Street, opposite to Omar Bin Abdul Aziz Mosque, Bloc No. 270/A Building 26, Damascus, Syria. (P.O.BOX 3530 Damascus-S) Phone : (963-11) 611-9630, 611-9631, 611-7939 Fax : (963-11) 611-9632 Email : kbridams@cyberia.net.lb Embassy
Tajikistan 73, Yahyo Gulomov Street, Tashkent 700000, Uzbekistan Phone : (998-71) 132-0236 to 38 Fax : (998-71) 120-6540, 133-0513 Email : tashkent@indonesia.embassy.uz Website : www.indonesia.embassy.uz Indonesian Embassy to Uzbekistan and accredited to Tajikistan
Tanzania 299 Ali Hassan Mwinyi Road, (P.O.BOX 572) Dar Es Salaam, Tanzania Phone : (255-22) 211-9119, 211-8133, 211-5841 Fax : (25-22) 211-5849 Email : kbridsm@raha.com Embassy
Thailand 600-602 Petchburi Road, Ratchatewi, Bangkok 10400, Thailand Phone : (66-2) 252-3135 to 40 Fax : (66-2) 255-1267 Email : kukbkk@ksc11.th.com Website : www.kbri-bangkok.com Embassy & ESCAP
Thailand 19, Sadao Road, Amphur Muang, Songkhla 90000, Thailand Phone : (66-74) 311-544, 312-219, 441-867 Fax : (66-74) 441-094 Email : song4kom@hadyai.loxinfo.co.th Website : www.indonesiasongkhla.com Consulate Songkhla
Timor Leste Farol-Palapaso, PO. Box 207, Dili, Timor Leste Phone : (670) 331-7107, 331-1109, (62-411) 402-165 Fax : (670) 332-3684, (62-411) 402-164 Email : mail@kbridili.org Website : www.kbridili.org Embassy
Togo 5B, Anifowoshe Street, Victoria Island, P.O.BOX 3473, Abuja/Lagos, Nigeria Phone : (234-1) 261-4601, 261-3405 Fax : (234-1) 261-3301, 261-3963 Email : kbri_lagos@yahoo.co.id Website : www.indonesianig.com Indonesian Embassy to Nigeria and accredited to Togo
Tonga 70 Glen Road, Kelburn, Wellington, New Zealand, (P.O.BOX 3543) Phone : (64-4) 475-8697 to 99 Fax : (64-4) 475-9374 Email : kbriwell@ihug.co.nz Website : www.indonesianembassy.org.nz Indonesian Embassy to New Zealand and accredited to Kingdom of Tonga
Trinidad and Tobago Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, Caracas 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo.com Website : www.indocaracas.com Indonesian Embassy to Venezuela and accredited to Trinidad and Tobago
Trinidad and Tobago Corner Churchill Road, Highway and Bondary Road, El Soccoro, Trinidad, West Indies Phone : (1-868) 674-2909, 674-3677, 638-2264, 674-8368 Fax : (1-868) 675-3884 Honorary Consulate Port of Spain
Tunisia 15, Rue du Lac Malaren/ Rue du Lac Oubeira, (BP. 58 Berges du Lac), 1053 Tunis, Tunisia Phone : (216-71) 860-377, 860-702, 860-842, 963-973 Fax : (216-71) 861-758 Email : kbritun@gnet.tn Embassy
Turkey Abdullah Cevdet Sokak No. 10 (P.O.BOX 42) Cankaya 06680, Ankara, Turkey Phone : (90-312) 438-2190 Fax : (90-312) 438-2193 Email : indoank@marketweb.net.tr Website : www.indo-tr.org Embassy
Turkmenistan 210, Ghaemmagham Farahani Ave. (P.O.BOX 11365/456), Tehran, Iran Phone : (98-21) 871-7251 Fax : (98-21) 871-8822 Email : kbritehran@parsonline.net Website : www.indonesian-embassy.ir Indonesian Embassy to Iran and accredited to Turkmenistan
Uganda Menengai Road, Upper Hill, (P.O.BOX 48868-00100) Nairobi, Kenya Phone : (254-20) 271-4196 to 98 Fax : (254-20) 271-3475 Email : indonbi@indonesia.or.ke Website : www.indonesia.or.ke Indonesian Embassy to Kenya and accredited to Uganda
Uganda Grams Casaments, (P.O.BOX 4641), Kampala, Uganda Phone : (256) 234-000, 234-001, 233-577, 233-612 Fax : (256) 234-301, 245-271 Email : indonesia.uganda@alam_group.com Honorary Consulate Kampala
Ukraine Ul Nagornaya 27B, Kyiv 04107, Ukraine Phone : (380-44) 206-5446, 206-5447, 206-5448, 211-7633 Fax : (380-44) 206-5440 Email : kbri@indo.ru.kiev.ua Website : www.kbri.kiev.ua Embassy
United Arab Emirates Zone 2, Sector 79, Villa No. 474, Sultan Bin Zayed Street (Str.32), Al Bateen Area (P.O.BOX 7256), Abu Dhabi, United Arab Emirates Phone : (971-2) 445-4448 Fax : (971-2) 445-5453 Email : indoemb@emirates.net.ae; kbriabd@indonesianembassy.ae Website : www.indoemb.org/kbri Embassy
United Arab Emirates Al Hudaiba, Community 322, Villa No. 1, Bur Dubai, United Arab Emirates (P.O.BOX 73759) Phone : (971-4) 398-5666 Fax : (971-4) 398-0804 Email : indocons@emirates.net.ae Website : www.kjridubai.ae Consulate General Dubai
United Kingdom 38, Grosvenor Square, London W1K 2HW, United Kingdom Phone : (44-20) 7499-7661, 7290-9600 Fax : (44-20) 7491-4993 Email : kbri@btconnect.com Website : www.indonesianembassy.org.uk Embassy
United States of America 2020 Massachusetts Avenue, N.W. Washington D.C. 20036, United States of America Phone : (1-202) 775-5200 Fax : (1-202) 775-5365 Email : informasi@embassyofindonesia.org Website : www.embassyofindonesia.org Embassy
United States of America 211 West Wacker Drive, Chicago, IL 60606, United States of America Phone : (1-312) 920-1880 Fax : (1-312) 920-1881 Email : generalinfo@indonesiachicago.org Website : www.indonesiachicago.org Consulate General Chicago
United States of America 10900 Richmond Avenue, Houston, Texas 7, United States of America Phone : (1-713) 785-1691 Fax : (1-713) 780-9644 Email : kjrihouston@prodigy.net Website : www.indonesiahouston.org Consulate General Houston
United States of America 3457 Wilshire Boulevard, Los Angeles, C.A. 90010, United States of America Phone : (1-213) 383-5126 Fax : (1-213) 487-3971 Email : kjri@kjri-la.net Website : www.kjri-la.net Consulate General Los Angeles
United States of America 5, East 68th Street, New York, NY 10065 USA, United States of America Phone : (1-212) 879-0600 to 15 Fax : (1-212) 570-6202 Email : information@indonesianewyork.org Website : www.indonesianewyork.org Consulate General New York
United States of America 1111 Columbus Avenue, San Fransisco, CA 94133, United States of America Phone : (1-415) 474-9571 Fax : (1-415) 441-4320 Email : sanfrancisco@kjrisfo.org Website : www.kjrisfo.org Honorary Consulate San Fransisco
United States of America 1001 Bishop Street, ASB Tower, Suite 2970, Honolulu, HI 96813, United States of America Phone : (1-808) 531-3017 Fax : (1-808) 531-3177 Honorary Consulate Hawaii
United States of America 325 East 38th Street, New York, NY 10016, United States of America Phone : (1- 212) 972-8333 Fax : (1-212) 972-9780 Email : ptri@indonesiamission-ny.org Website : www.indonesiamission-ny.org Permanent Mission to United Nations
Uruguay Mariscal Ramon Castila 2901, 1425 – Capital Federal Buenos Aires, Argentina Phone : (54-11) 4807-2211, 4807-2956 Fax : (54-11) 4802-4448 Email : emindo@tournet.com.ar Website : www.indonesianembassy.org.ar Indonesian Embassy to Argentina and accredited to Uruguay
Uruguay Aquilles Lanza 1314, Montevideo, Republica Oriental Del Uruguay Phone : (598-2) 901-2916 Fax : (598-2) 908-2599 Honorary Consulate Montevideo
Uzbekistan 73, Yahyo Gulomov Street, Tashkent 700000, Uzbekistan Phone : (998-71) 132-0236 to 38 Fax : (998-71) 120-6540, 133-0513 Email : tashkent@indonesia.embassy.uz Website : www.indonesia.embassy.uz Embassy
Vanuatu 8, Darwin Avenue, Yarralumla, Canberra A.C.T., Australia Phone : (61-2) 6250-8600 Fax : (61-2) 6273-6017, 6273-3545 Email : indonemb@kbri-canberra.org.au Website : www.kbri-canberra.org.au Indonesian Embassy to Australia and accredited to Vanuatu
Vatican Via Marocco No. 10, 00144 Roma Eur, Italy Phone : (39-06) 5929-0049, 591-8610 Fax : (39-06) 5422-1292 Email : indonesia.vat@agora.stm.it Embassy
Venezuela Avenida El Paseo, con Calle Maracaibo, Quinta “Indonesia”, Prados Del Este, CARACAS 1080, Venezuela Phone : (58-212) 975-2291, 976-2725, 977-3173, 977-6853 Fax : (58-212) 976-0550 Email : kbricaracas1@yahoo1.com Website : www.indocaracas.com Embassy
Vietnam 50, Ngo Quyen Street, Hanoi, Vietnam Phone : (84-4) 825-6316, 825-3353, 825-7969 Fax : (84-4) 825-9274 Email : komhan@hn.vnn.vn Website : www.indonesia-hanoi.org.vn Embassy
Vietnam 18, Phung Khac Khoan Street, Dist. 1 Chi Minh City, Vietnam Phone : (84-8) 825-1888, 825-1889 Fax : (84-8) 829-9493 Email : indochmc@hcm.fpt.vn Consulate General Ho Chi Minh City
Yemen Beirut Street Faj Attan (P.O.BOX 19873) Hadda, Sanaa, Republic of Yemen Phone : (967-1) 427-210, 427-211 Fax : (967-1) 427-212 Email : indosan@y.net.ye Embassy
Zambia 3, Duthie Avenue Belgravia, (P.O.BOX CY 69 Causeway), Harare, Republic of Zimbabwe Phone : (263-4) 251-799, 250-072 Fax : (263-4) 796-587 Email : kbri@ecoweb.co.zw, indohar@ecoweb.co.zw Website : www.indonesia.org.zw Indonesian Embassy to Zimbabwe and accredited to Zambia
Zimbabwe 3, Duthie Avenue Belgravia, (P.O.BOX CY 69 Causeway), Harare, Republic of Zimbabwe Phone : (263-4) 251-799, 250-072 Fax : (263-4) 796-587 Email : kbri@ecoweb.co.zw, indohar@ecoweb.co.zw Website : www.indonesia.org.zw Embassy

Test WordPress iOS for ipad

Just install wordpress for ipad. Impressive tool for blogging. Copy paste goes smoothly from notes apps to this canvas. Videos is mention by ability to embed
with html5 support, cool. As i would like to attach some embedding pictures then i realize it won’t work as expected. often heard that apple don’t allow us to attach our pictures (or any of our files) to other than native apps. Security purpose? Or…?

Well, that’s not true. This apps works really well to embed picture even sometimes there is a bug that i can’t change the size and only show the real size. But still, this is impressive. Here is the evidence:

20120720-125829.jpg

The usability is simple without complicated WYSIWYG but quite enough to blog.

Anyway, thanks wordpress. It is awesome feature! Good work, lad.

Cerita Drama Dengan Lakon Website DPR RI


Peretesan adalah bahasa Indonesia yang berasal dari terjemahan bahasa Inggris ‘hacking’. Pada implementasinya, perubahan tampilan situs web secara tidak resmi dan dilakukan bukan oleh sumber daya resmi yang disetujui oleh pemilik situs web bahkan disebut juga sebagai peretasan.

Beberapa hari ini media massa di Indonesia hingga narablog ramai memberitakan peretasan terhadap situs web pemerintah antara lain milik POLRI (yang setahu saya memang sering diretas) dan situs Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Berita ini bahkan sudah sampai ke media mainstream. Akibatnya, datang tanggapan dari publik. Baik pro maupun kontra. Tapi kali ini saya tidak akan membahas pro dan kontra peretasan situs pemerintah. Saya hanya bapak-bapak buruh biasa yang berasal dari Cilincing, sama sekali bukan peretas. Saya pikir saya tidak cukup pintar untuk perlu mencampuri urusan peretasan tersebut.

Tapi, saya akan bicara soal situs web dewan rakyat Indonesia yang beralamat di http://dpr.go.id. Iya, saya akan bicara soal situs web Dewan Perwakilan Rakyat.

Karena ceritanya agak rumit, mungkin akan lebih baik jika saya urutkan berdasarkan kronologi waktu saja. Begini kronologinya:

Rabu 11 Mei 2011 – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat (PD), Roy Suryo, berkata kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, bahwa pengadaan sarana IT (Informasi Teknologi) di DPR adalah sebesar 9,4 Miliar rupiah (sumber: detiknews http://goo.gl/7GIpF)

Rabu 11 Mei 2011 – DI hari yang sama, wakil ketua DPR Pramono Anung berkata bahwa ia akan melakukan pengecekan dan ketika sudah selesai, ia bilang bahwa stafnya melaporkan baru ada pengeluaran sebesar 5,9 miliar rupiah (sumber: news okezone http://goo.gl/9Btk1)

Kamis 12 Mei 2011 – Anggaran pengelolaan IT DPR RI hampir mencapai Rp 20 Miliar per tahun dalam pos anggaran Sekretariat Jenderal DPR tahun 2010. Peneliti Indonesia Budget Centre (IBC) Roy Salam merinci, dana pemeliharaan dan pengembangan system informasi DPR ini terbagi untuk dua pos, yakni untuk biaya pemeliharaan website sebesar Rp 8,4 milar per tahun, dan biaya pemeliharaan situs www.dpr.go.id senilai Rp 1,3 miliar per tahun. Sedangkan untuk pos anggaran pengembangan system informasi, terbagi untuk pembangunan dan pengembangan IT dan untuk seminar dan lokakarya. (sumber: gresnews http://goo.gl/umBDu)

Kamis 12 Mei 2011 – Andi Mardiansyah dari Team IT DPR (andi@dpr.go.id) mengkonfirmasi bahwa anggaran IT DPR 2010 adalah 10 miliar rupiah. Tapi yang terpakai cuma 5,6 miliar. Katanya untuk membiayai seluruh kegiatan IT DPR selama setahun. Total ada 32 kegiatan. Pengeluaran yang paling besar 1.43 M untuk biaya internet provider, sisanya untuk pembelian dan maintenance hardware, server, jaringan, litbang dll. Menurutnya pengadaan IT DPR sudah sesuai Kepres dan PP dan sudah dilakukan audit oleh BPK sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan ditanya kepada BPK. (sumber Team.IT.DPR di thread forum Indonesia Kaskus “IT DPR Mahal?, masak sih?” http://goo.gl/3ITdB)

(*Saya coba cek ulang pernyataan Andi ke situs BPK. Sayang sekali saya belum menemukan laporan dari BPK. Bisa jadi karena laporannya belum selesai, bisa jadi karena saya yang tidak begitu teliti mencarinya (hehe). Saya cari di bagian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI di laman web ini (http://goo.gl/N6rUY) sayang sekali belum ketemu. Bagi yang sudah berhasil menemukannya mohon dibagi infonya*)

Senin 16 Mei 2011 – Lagi-lagi anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat (PD), Roy Suryo, berkata pada wartawan bahwa situs DPR RI diisengi hingga kebobolan dengan adanya tulisan dibawah website tertera “thanKs buAt Seluruh raKyat nUSantara -ttd, webmastER dpr.go.i’d”. Roy menyalahkan Admin/Tim IT situs DPR RI dan meminta mereka melakukan klarifikasi. Sebab sebenarnya ketersediaan fasilitas untuk admin/tim IT di DPR sangat besar, namun penggunaannya sangat tidak maksimal. (Sumber: techno okezone http://goo.gl/wvpDk)

Senin 16 Mei 2011 – team pengembang website DPR RI hadir lagi di forum Kaskus memberikan penjelasan mengapa ada uang sebesar 9 miliar rupiah ke publik. Dikutip dari sumber: “Kenapa bisa keluar harga 9 Miliar? Karena itu harga total ‘belanja’ seluruh penunjang IT di DPR. Mulai dari bandwidth, pengadaan aplikasi dan sistem informasi termasuk website, juga untuk pembelian alat-alat hardware (PC komputer, server2, UTP, kabel2), perawatan AC kering untuk ruang server, perawatan UPS segede lemari 4 pintu, dan lain-lain nya… banyak banget gan. Sedangkan untuk tahun ini anggarannya sudah dilakukan efisiensi sampe 50%. Karena harga bandwidth telah jauh turun, sistem pengadaan bandwidth pun dengan sistem lelang. Jadi tiap tahun kemungkinan provider bandwidth kita ganti2! karena kita ambil pemenangnya dari harga termurah yang ditawarkan, tujuannya untuk penghematan belanja. Kenapa kita ngga pake provider bandwidth yang tetap??, karena kita mengikuti peraturan pemerintah dan Kepres bahwa pengadaan diatas jumlah tertentu itu harus lelang terbuka (penunjukan langsung rawan korupsi gan).
(Sumber Kaskus http://goo.gl/OLRWe)

Kelihatannya teman-teman di kaskus sudah banyak yang panas memang dengan drama website 9 miliar rupiah ini :) Sabar yaa Agan-agan :)

Dari penjelasan rekan-rekan pengembang website DPR-RI ada beberapa kesimpulan yang bisa ditangkap:

  1. Para pengembang website ini tidak membantah bahwa memang ada budget yang cukup besar untuk belanja IT.
  2. Tidak ada bantahan dari pengembang bahwa mereka tidak mengusulkan platform finansial untuk IT DPR RI.
  3. Bahwa telah dilakukan audit dari KPK terhadap keuangan IT DPR RI.
  4. Bahwa rekan-rekan publik baik dari pengembang aplikasi website maupun bukan  sedemikian kaget dengan besarnya budget anggaran website. Akibat kinerja anggota DPR RI yang memilukan maka rekan-rekan tersebut pun ikut mengalamatkan kekecewaan mereka pada IT DPR RI.

Saya pribadi tidak bisa bilang apa-apa. Ini bukan drama saya, hehe. Tapi mengikuti drama ini memang seru. Saya hanya berharap bahwa kita dapat menemukan bukti audit dan teman-teman di IT DPR RI dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan memberikan bukti kepada kita semua.

Tidak adil memberikan generalisasi cap buruk pada semua seksi di DPR RI. Walau sudah jadi rahasia umum bahwa gedung DPR adalah markas perampok rakyat namun ada baiknya jika mata kita masih mau menonton dan mendengar penjelasan artis sinetron DPR RI  jika ada beberapa dari mereka yang mau memberikan penjelasan.

Menurut saya, sejelek-jeleknya para artis sinetron itu, minimal mereka masih mau memberikan penjelasan. Setidaknya penjelasan mereka sangat bisa dicek-ulang. Tidak susah loh mengecek ulang bukti digital.

Maka jika teman-teman IT DPR RI berbohong, yaa amat disayangkan. Sebab kepercayaan kita yang semakin menipis pada pemerintah akan semakin rendah saja.

Anyway, untuk teman-teman yang berjuang di lini plat merah, selamat terus berjuang. Kami mendukung. Kami abadi. Berjuanglah untuk kami yang mendukung kalian, bukan berjuang atas nama rezim yang akan selalu berganti.

Jangan berkhianat. Sebab toh kita sama-sama tahu apa hukuman buat pengkhianat.

(*Apa yaa hukumannya? Hahaha*)

Membuka Blokade Sensor Konten Internet Pada Browser

logo liveandroid image

Saya sepenuhnya sadar, bahwa beberapa situs media sosial di blok karena alasan tertentu yang cukup penting. Diantaranya adalah blokade pada situs tertentu berdasarkan isinya.

Filterisasi konten sendiri adalah teknik dimana konten yang diblokir atau diizinkan berdasarkan analisis isinya, bukan dari sumber atau kriteria lainnya. Sebenarnya teknik ini paling banyak digunakan di internet untuk menyaring email dan akses web.

Umumnya, blokade pada situs-situs tertentu (atau dikenal sebagai content filtering) adalah antara lain karena:

  • Mempunyai kemungkinan isi yang menyakiti perasaan kalangan tertentu dan akan menghasilkan domino effect setelahnya (*Bagian ini selalu jadi permasalahan, sebab kalimat ‘menyakiti perasaan’ itu jelas amat subjektif*)
  • Konten ilegal atau tidak sesuai dengan norma hukum negara tertentu
  • Menghalangi produktifitas (apabila jam kerja)

Secara pribadi, sebenarnya saya tidak terlalu masalah mengenai blocking pada internet content. Sebab saya benci web spam dan scam. Dan selalu berdoa, semoga tuhannya internet mampu mempunyai malaikat canggih yang mampu memberantas makhluk-makhluk sial bernama spammer dan scammer itu.

Selama ini, saya tidak pernah berbenturan dengan kebebasan dalam mengakses konten internet. Sebab hanya mengakses bagian yang perlu dan berguna buat kehidupan saya, keluarga dan pekerjaan saja.

Namun beberapa hari terakhir ini, akibat client penting menggunakan facebook sebagai sarana beliau dalam mengakses email dan facebook adalah situs dengan kontent diblokade oleh kantor, maka saya pun uring-uringan dengan filterisasi konten. Pakai VPN, pun sama hasilnya, gagal euy. Sebab hanya beberapa IP address saja yang diijinkan untuk berkomunikasi keluar secara langsung dari gedung tempat saya memburuh saat ini.

Sebelumnya, saya pernah menulis cara membuka blokade konten (dalam hal ini facebook) dengan memakai proxy terbuka dengan menggunakan mesin pencari Google. Namun, kali saya kan coba trik lain.

Yaitu, membuka filterisasi konten dengan vmware dan mobile browser.

Mengapa VMware?

Hehe. Nggak perlu pakai VMware sih, yang penting virtualisasi mesin saja. Saya pakai VMware karena gratis dan akan berjalan baik di mesin berbasis Windows XP SP3 ini. Hehe. Maka itu, sebelumnya kita harus punya VMware dulu.

Download VMware Player (sayang harus register dulu. Tapi ga masalah sih. Perangkat lunak ini bagus euy)
Install VMware (dalam Bahasa Indonesia)

Mobile browser apa yang oke?

Saya pakai LiveAndroid. Sudah pernah sih coba pakai mobile Opera. Tapi karena penggunanya banyak, Opera mini bahkan sudah disusupi oleh blokade kantor. Kalau semua produk RIM, pasti ga akan bisa. Apapun browsernya, BlackBerry memiliki user khusus yang amat spesifik. Lalu lintas data di BleackBerry di kontrol sedemikian kuat. Meniru milik Obama, bahkan beberapa BlackBerry milik orang tertentu di tempat kami dimodifikasi demi tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Sistem operasi robot kolor ijo (android) ini jadi jawaban. Sebab Android memiliki produk LiveAndroid yang bisa di pasang langsung di PC berbasis XP saya ini.

Download LiveAndroid
Install LiveAndroid dengan vmware (saya pernah coba install LiveAndroid pakai virtualbox, tapi gagal euy)

Hasilnya

Awal tampilan booting. Batre katanya tinggal 15 persen. Entah apa maksudnya, saya juga bingung. Saya cuekin aja deh.

live android first boot image

Lalu klik browser dan memasukkan input facebook login di alamat pencarian google.

facebook login image

Setelah login, saya pun mulai membalas surat-surat penting yang datang lewat facebook.

tampilan aplikasi dalam facebook image

Setelah selesai. Saya log-out. Sayangnya, browser melemparkan pesan error 400

facebook mobile liveandroid logout error 400 image

Pesan error ini ternyata cukup bermasalah. Sebab apabila menekan tombol escape yang ada di pojok kiri atas pada keyboard, maka facebook tidak sebenar-benarnya logout. Melainkan akan kembali ke halaman semula. Dan ini sama sekali tidak baik untuk keamanan.

Solusinya, lihat browser liveandroid bagian kiri bawah. Ganti tampilan menjadi ‘full site’ lalu logout. Habis itu beres dah.

Selamat mencoba, kalau mau.

Kalau nggak mau, yaa jangan :)

Qakbot Lagi

image qakbot on microsoft firefront

Edan hari ini qakbot menyerang terus dan semakin menjengkelkan. Sudah ada perintah dari pusat untuk memakai Microsoft Forefront (client) sebagai sarana admin kami untuk memaintain sistem PC yang  berbasis windows. Namun akibat kepandaiannya berevolusi, saya lihat beberapa kali virus ini menyamar menjadi nama-nama baru dan bersembunyi di balik folder C:/. Program-program exe jelmaan qakbot ini benar-benar canggih. Selama beberapa menit, ia akan menggandakan diri (*udah kaya amuba aja*) dan lalu berganti nama (*kayak buronan kartu kridit*)
Daripada berlarut-laut dan jumlah PC yang terinfeksi mencapai ribuan di puluhan negara, maka akhirnya kami bekerja sama dengan pihak Microsoft untuk menghandle issue ini.
Symantec, salah satu usaha yang menghidupi dirinya dari pemberantasan hama pada komputer, mengatakan bahwa qakbot ini dapat menyelundupkan data sebesar 2 Gigabyte setiap minggunya. Umumnya data-data yang ada di file-file yang tersimpan di browser. Misalnya data history browsing dan kadang menanamkan keylogging.
Astaga!
Maka dengan serta merta, saya menghapus semua data yang ada dan tersimpan di browser dan lalu melakukan proses yang membutuhkan logging di mesin virtual (Oh! I love VMWare clien) dan melakukan semuanya di Sistem berbasis Ubuntu.
Setidaknya, tidak ada Qakbot ataupun virus trojan dan sejenisnya di Ubuntu dan saya merasa lebih aman serta percaya diri dalam beraktifitas di dunia online :)

Masalah Pada iPad (Oh Apple!)

image ulat pada apel

Minggu lalu, di pesawat menuju Prague, istri saya mengeluh. Sepasang muda-mudi dari Korea nampaknya tidak berhenti memainkan iPad mereka. Pramugari sudah berkali-kali memperingatkan pada pasangan ini untuk mematikan perangkat yang diklaim sebagai the hottest device on earth itu. Well sebutan the hottest tentu saja bisa diperdebatkan. Yang pasti pasangan itu tetap kepala batu, tidak mau mematikan iPadnya.

Walaupun akhirnya dengan debat yang cukup keras antara dua muda-mudi dengan para penumpang lain dan ditambah pramugari-pramugari Czech Airlines, maka pesawat yang sempat ditunda keberangkatannya (gara-gara debat ipad yang sama sekali tidak perlu ini) pun mengangkasa pula. Tentu saja setelah semua penumpang yakin, pemilik iPad ngawur ini mematikan pula perangkat lain miliknya yang mengganggu sinyal komunikasi pilot pesawat kami dengan tower pemandu.

Hari itu, pertama kali saya melihat iPad.

Tiga hari lalu, kedua kalinya saya melihat iPad. Besar-besar namanya terpampang di Gawker dan dilanda terkejut luar biasa.

Ternyata iPad yang dinilai Apple sebagai benda tercanggih mereka ini bermasalah. Katanya, cerita ini dimulai dari seorang karyawan Apple yang lupa (entah mabuk) di sebuah bar dan meninggalkan (atau kecurian) iPhone miliknya. iPhone ini, lalu ditemukan oleh seorang pemuda (yang tidak disebutkan namanya) lalu dijual ke situs teknologi Gawker. Tidak lama kemudian, pemimpin redaksi Gawker rumahnya didobrak polisi dan FBI Amerika (iya mirip cerita film Hollywood). Sebab dalam iPhone itu tercantum informasi rahasia para media tycoon bahkan hingga pemimpin Amerika yang masih berkuasa di Gedung Putih.

(*Update: Sorry kasus iPhone yang diatas bukan Gawker, melainkan Gizmodo. Engineer Apple itu bernama Gray Powell. Dan ia tidak kecurian, melainkan tidak sengaja meninggalkan telpon dan lalu ditemukan oleh pemuda berusia 21 tahun bernama Brian J Hogan. Hogan lalu menjualnya ke Gizmodo sebesar US$ 5.000. Setelah Gizmodo menulis dan memaparkannya di web mereka, polisi menggeledah rumah Jason Chen, redaktur Gizmodo*)

Seru?

Ahh belum!

Tidak lama kemudian, para peneliti keamanan (*dulu namanya network hacker, sekarang berubah, hehe*) dari Goatse Securities menemukan kebocoran dalam iPad. Dan kebocoran ini ternyata menampung sekitar 114 ribu email.

Siapa saja yang informasinya bocor? Mari kita kutip dari Gawker:

Satu orang yang terkena dampak adalah William Eldredge, komandan tertinggi pesawat pembom B 1 [strategis]-operasional di US Air Force. ”

Dalam industri media dan hiburan, terdapat pula akun berpengaruh macam para eksekutif puncak di New York Times Company, Dow Jones, Conde Nast, Viacom, Time Warner, News Corporation, HBO dan Hearst.

Dalam industri teknologi, muncul nama-nama besar dari Google, Amazon, Microsoft dan AOL. Dalam keuangan, terdapat rekening milik perusahaan dari Goldman Sachs, JP Morgan, Citigroup, Morgan Stanley, bersama dengan puluhan perusahaan modal ventura dan ekuitas swasta.

Dalam pemerintahan, account yang terpengaruh termasuk pengguna GMail yang tampaknya adalah Rahm Emanuel (staff penting Presiden Obama) dan staf di Senat, DPR, Departemen Kehakiman, NASA, Departemen Keamanan Dalam Negeri, FAA, FCC, dan Institut Kesehatan Nasional. Puluhan karyawan dari sistem pengadilan federal juga muncul dalam daftar.

Apple selalu menelurkan perangkat yang baik. Saya percaya itu. Namun kali ini, nampaknya mereka memang harus benar-benar hati-hati dalam menelurkan produk barunya.

*Untung saya nggak mampu beli iPhone dan iPad, hehe*