Panduan Bencana: Download Komik Bencana Untuk Anak-anak

Anak-anak, akibat keterbatasan fisik, adalah salah satu bagian korban terbanyak dalam bencana. Salah satu menghindari hal ini adalah dengan cara menanamkan pendidikan mengenai bencana pada anak sejak dini.

Cara menjelaskan kepada anak-anak mengenai bencana secara efektif dapat dilakukan dengan cara antara lain melalui:

  1. Metode oral: seperti konseling, penyuluhan dan sebagainya.
  2. Metode praktikal: seperti simulasi penanggulangan kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya.
  3. Metode visual: seperti tayangan video animasi atau cerita bergambar.

Sebenarnya masih ada beberapa cara lain. Namun pada tulisan kali ini saya akan coba membahas mengenai metode visual sebagai metode pendidikan penanggulangan bencana. Diantaranya melalui media komik.

Berikut ini adalah komik-komik pendidikan mengenai bencana yang dapat anda unduh. Komik-komik ini adalah karya publikasi teman-teman dari IDEP Foundation dan Yayasan SAMIN, organisasi non pemerintah yang salah satu kepeduliannya adalah menangani bencana.

Komik ini akan di beri link agar anda mudah mengunduhnya. Link pertama adalah link langsung menuju website yang bersangkutan. Sementara link sebelahnya adalah berfungsi sebagai mirror, jaga-jaga apabila link website yang anda tuju bermasalah maka ada mirror komik di bangaip dot org yang dapat membantunya sebagai back-up.

Komik-komik ini dapat diunduh satu-satu di bawah review atau diunduh sekaligus di bagian ujung tulisan “Panduan Bencana: Visual, Komik Bencana Untuk Anak-Anak” ini. Semoga bermanfaat.

Komik Tsunami

Pertama kali membaca komik ini, yang terlintas di otak saya adalah “Wah Aceh nih”. Beberapa illustrasi di sana amat menggambarkan situasi ketika bencana tsunami melanda Aceh. Namun rasa sedih yang menghinggap lambat laun berganti. Pelan-pelan berlembar-lembar saya cermati satu-satu petunjuk dalam komik ini. Antara lain adalah penjelasan apa itu Tsunami, bagaimana cara mengurangi dampaknya, cara menyelamatkan diri ketika Tsunami datang dan bahkan tindakan apa yang perlu kita lakukan pasca Tsunami.

Download Komik Tsunami / Mirror Tsunami di bangaip.org PDF (2.9 MB)

Komik Perdamaian

Judulnya adalah “Menjalin Perdamaian: CERITA TENTANG PERAN MASYARAKAT DESA
SAAT MENGHADAPI PERSELISIHAN SOSIAL”. Isinya bagus (setidaknya menurut saya). Sebab bukan hanya dijelaskan kasus melalui visual, namun juga mendeskripsikan penyebab terjadinya konflik sosial, tahapan terbentuknya serta alternatif solusi. Komik ini saya rekomendasikan untuk anak-anak yang tinggal di daerah-daerah yang pernah atau akan mengalami kerusuhan yang dipicu oleh masalah SARA, sosial atau lainnya.

Download Komik Perdamaian / Mirror Perdamaian di bangaip.org PDF (2.6 MB)

Komik Tanah Longsor

Salah satu penyesalan saya yang paling mendalam mengenai bencana adalah ketika Faisal, sahabat sekaligus salah satu anak Cilincing yang transmigrasi ke pulau Sumatera, desanya terkena tanah longsor. Anaknya satu umur tiga tahun. Satu lagi masih bayi. Baru delapan bulan. Tanah longsor itu menghancurkan hampir seluruh desa mereka. Membuat Faisal sekeluarga hidup beratap langit. Dan saya hampir tidak bisa berbuat apa-apa membantu mereka. Hanya bisa mengirim SMS bodoh, “Men, ada aer ga?”. Sebab ia menjawab “sumur ancur, Rip”

Tentu saja, komik ini tidak bisa menghapus rasa menyesal itu. Tapi saya yakin, mampu memberi bantuan pendidikan terhadap anak-anak (atau malah dewasa) mengenai bencana tanah longsor ketika melanda lagi sahabat-sahabat kita yang sedang tertimpa musibah. Komik ini menceritakan mengenai masyarakat desa yang tidak sigap dalam menghadapi musibah tanah longsor. Dampak serta penanggulangannya.

Download Komik Tanah Longsor / Mirror Tanah Longsor di bangaip.org PDF (2.3 MB)

Komik Gunung Berapi

Sumpah! Seumur hidup saya belum pernah melihat gunung berapi meletus. Amit-amit jabang bayi. Moga-moga jangan dah.

Tapi istri saya kebetulan pernah melihatnya. Suatu malam hotel tempat ia menginap di dekat kawasan Kaliurang seperti digoyang-goyang tangan raksasa. Ia mengilustrasikan peristiwa tersebut dengan kalimat “Saya sampai takut tidur malam di Jogja”. Memang saat itu bahkan dari kota Jogja bisa melihat lava yang meleleh dari gunung berapi aktif di kejauhan.

Sebenarnya ia tidak perlu ketakutan seperti itu, apabila mengetahui bagaimana menghindari bahaya Gunung Berapi. Komik ini memperlihatkan tindakan panik masyarakat yang tidak siap menghadapi gunung berapi, awan panas yang menyertainya dan bagaimana menghadapinya ketika bahaya itu tiba.

Semoga komik ini berguna buat beliau :)

Download Komik Gunung Berapi / Mirror Gunung Berapai di bangaip.org PDF (2.5 MB)

Komik Gempa

Komik ini mengambil setting latar belakang yang cukup unik, yaitu pertandingan sepak bola antara Kesebelasan Nyuh Kuning dengan Kesebelasan Persegi di Bali. Lalu cerita bergulir menjadi ketika bencana gempa bumi melanda Bali dan nyaris memporakporandakan RuRung (Rumah sekaligus Warung). Selain itu, disertakan tips-tips yang tidak kalah menariknya, seperti cara menyelamatkan diri ketika gempa melanda sekolah atau tip bagaimana membuat rumah tahan gempa.

Download Komik Gempa / Mirror Gempa di bangaip.org PDF (2.9 MB)

Komik Banjir

Ini adalah komik yang seyogyanya amat membantu masyarakat Cilincing, desa asal saya yang terletak di pesisir Jakarta dengan pantai penuh sampah. Sebab selain kotor dan bau, desa ini entah kenapa walaupun panas selalu kebagian jatah banjir dua kali per tahun. Terimakasih kepada tata kota Pemda DKI Jakarta, saat ini saya jadi amat menghargai nikmatnya hidup tanpa banjir.

Komik ini amat saya rekomendasikan kepada para teman-teman, tetangga, keluarga saya yang tinggal di Cilincing ataupun di penjuru bumi lainnya yang seringterkena banjir. Entah musiman, entah kesengajaan, entah apalah, apabila anda pernah terkena banjir dan mungkin suatu saat mengalaminya, komik ini adalah wajib di baca.

Download Komik Banjir / Mirror Banjir di bangaip.org PDF (2.4 MB)

Komik Badai

Saya baru tahu apa itu badai setelah membaca komik ini. Iya, telat memang. Ini kutipannya “Angin Topan atau badai besar adalah angin kencang dengan kecepatan 120 km/jam atau lebih. Angin Topan bisa mempunyai kekuatan hembusan angin sampai 200 km per jam yang dibarengi oleh hujan yang sangat lebat sehingga menyebabkan badai di daerah pesisir
dan gelombang besar yang sangat kuat di laut”. Beberapa daerah rawan badai di Indonesia antara lain adalah daerah yang berbatasan dengan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Semoga anda tidak seperti saya yang telat mengetahui penyebab dan kemungkinan munculnya badai.

Download Komik Badai / Mirror Badai di bangaip.org PDF (3.0 MB)

Buku Mewarnai Gempa

Ini satu-satunya komik dari daftar panduan bencana kali ini yang menurut saya interaktif. Sebab selain memberikan pendidikan cara menyikapi gempa, komik ini juga sekaligus adalah buku mewarnai.

Teori komunikasi visual pedagogis untuk anak-anak menyatakan bahwa ketika anak-anak mewarnai, ia akan memberikan seluruh konsentrasinya pada bidang yang ada di hadapannya. Artinya sederhana, anak tersebut selain akan melakukan tindakan kreatif, ia akan memperhatikan isi buku panduan gempa ini.

Salah satu illustratornya adalah Yayak Iskra a.k.a Yaya Kencrit yang menjadi salah satu pelopor di Yayasan SAMIN, Serikat Anak Merdeka. Yayak terkenal sebagai salah satu seniman Indonesia yang memiliki konsep illustrasi yang berorientasi pada ruang sosial dan anak-anak.

Jika anda memiliki anak atau keponakan atau murid atau siapalah yang masih anak-anak dan suka menggambar atau mewarnai, maka buku ini amat baik sekali apabila mereka bisa miliki.

Download Buku Mewarnai Gempa / Mirror Buku Mewarnai Gempa di bangaip.org PDF (9.9 MB)

Terimakasih atas perhatiannya. Semoga sedikit tulisan ini membantu.

Silahkan mengunduh seluruh buku sekaligus di link berikut ini jika koneksi anda memungkinkan. Download Komik Panduan Bencana Untuk Anak-anak Lengkap PDF (22.8 MB)

salam,
bangaip_topdeh :)

This entry was posted in downloads, tips and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Panduan Bencana: Download Komik Bencana Untuk Anak-anak

  1. AL says:

    Sip Bang Aip Topdeh… Makasih..

    –0–

    Sama-sama euy

  2. Hardy says:

    Keren Mas, aku ajin share ya. Makasih sblmnya :D.

  3. maranaha says:

    Bagus banget, anak2 saya sangat tertarik untuk mempelajari ttg pengetahuan praktis dibalik indahnya komik ini. Sukses yaa

  4. Wiji says:

    Bang Aip,
    Terima kasih!

  5. eduardo says:

    waaaaah orisinil ya!
    gak ada anime-anime an sepertinya.

  6. Eko TT says:

    Trims komiknya, ijin kopas ya.. moga manfaat buat anak2 nih 😀

  7. Tri Wuryanto says:

    wah,…trimakasih banyak bwt komiknya,…terus terang rindu juga sama yang namanya komik…

  8. katerina says:

    bagus sekali komiknya. ijin copy yaa untuk anak-anak di sumatra

  9. dayu says:

    Bagus..ijin share ya bang :)
    trims2

  10. David says:

    buku mewarnai gempanya saya mau perbanyak dan akan dibagikan ke orang-orang di perdesaan….
    makasih yah…..

  11. dua-samudera says:

    ijin copy ya bang mimin, buat referensi penelitian kebencanaan saya

Leave a Reply